Home / Hukum / Operasi Zebra Turangga, Polisi Tilang 128 Pelanggar di Labuan Bajo
Operasi Zebra Turangga yang dilaksanakan oleh Polres Manggarai Barat, di Labuan Bajo. (kitaindonesia.com/itho umar)

Operasi Zebra Turangga, Polisi Tilang 128 Pelanggar di Labuan Bajo

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Polres Manggarai Barat menggelar Operasi Zebra Turangga 2019, di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, tanggal 23 Oktober hingga 5 November 2019. Dalam operasi tersebut, polisi berhasil menilang 128 pelanggar.

“Dari total jumlah 128 pelanggar, sebanyak 115 pelanggar merupakan pengguna kendaraan roda dua, sedangkan sisanya 13 pelanggar merupakan pengguna kendaraan roda empat,” jelas Kasatlantas Polres Manggarai Barat Iptu Firramudin Nurdin, di Labuan Bajo, Rabu (13/11/2019).

Menariknya dari 128 pelanggar ini, ada 9 pelanggar di bawah umur. Sementara itu terjadi jenis pelanggaran, rinciannya 8 pelanggar tidak menggunakan helm SNI, 15 pelanggar menggunakan HP saat berkendara, 17 pelanggar arus lalu lintas, serta 69 pelanggar tak memiliki surat – surat pelengkap kendaraan.

Terkait masih banyaknya jumlah pelanggar pada operasi Zebra Turangga 2019 ini, Firramudin sangat menyayangkannya. Sebab, pihaknya sudah melakukan sosialisasi ke sejumlah sekolah sebelum Operasi Zebra Turangga digelar.

“Kami sudah menggelar sosialiasi, baik melalui siaran di radio, pengumuman melalui mobil kepolisian yang dilakukan di tempat – tempat yang strategies. Tetapi ke depan, kami akan kembali mengingatkan, termasuk pihak sekolah, untuk meminta anak didiknya yang di bawah umur diantar ke sekolah oleh orangtuanya. Ini penting, guna mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan,” ujarnya.

“Khusus bagi para orangtua, agar memberi pengawasan ekstra dan pemahaman kepada putra – putrinya untuk tidak membawa kendaraan bermotor bagi anak di bawah umur,” imbuh Firramudin.

Sementara itu, angka tindak pelanggaran lalu lintas (DakGarLantas) di Kabupaten Manggarai Barat pada tahun 2019 ini turun jika dibanding tahun 2018. Pada tahun 2018, terhitung tanggal dari 1 Januari – 31 Desember 2018, tercatat terdapat 2.633 pelanggar. Rinciannya, jumlah pengendara yang ditilang sebanyak 1.367 orang dan jumlah pengendara yang ditegur sebanyak 1.266 orang.

Sedangkan pada tahun 2019, terhitung dari Tanggal 1 Januari – 11 November 2019, terdapat 1.895 pelanggar. Rinciannya, jumlah pengendara yang ditilang sebanyak 923 orang dan jumlah pengendara yang ditegur sebanyak 974 orang. (KI21)

Check Also

Togar Situmorang: Dugaan Penganiayaan Oleh Perwira Tinggi di Rutan Mencoreng Citra Polri

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Warganet dihebohkan dengan kejadian dugaan penganiayaan yang dilakukan oleh salah seorang perwira …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *