Home / Nusantara / Operasi Patuh Turangga, Polres Mabar Prioritaskan Aspek Preemtif dan Preventif
Suasana Operasi Patuh Turangga 2020 yang dilaksanakan jajaran Polres Manggarai Barat di Labuan Bajo. (kitaindonesia.com/itho umar)

Operasi Patuh Turangga, Polres Mabar Prioritaskan Aspek Preemtif dan Preventif

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggelar Operasi Patuh Turangga 2020, selama dua pekan. Operasi tersebut dilaksanakan oleh seluruh jajaran Polda dan Polres, termasuk Polres Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur.

Menurut Kapolres Mabar AKBP Handoyo Santoso, SIK, MSi, dalam melaksanakan operasi ini seluruh jajarannya mengedepankan protokol kesehatan. Personel wajib mengenakan masker, baju lengan panjang, sarung tangan, dan menjaga jarak saat bertugas.

“Sebelum menertibkan masyarakat, kami harus tertib dulu dalam rangka protokol kesehatan,” tuturnya, di Labuan Bajo, Kamis (23/7/2020).

Hal ini penting, menurut Handoyo, sebab operasi yang dilaksanakan tanggal 23 Juli sampai 5 Agustus 2020 ini sekaligus sebagai ajang bagi anggota polisi untuk menertibkan masyarakat dalam menghadapi adaptasi kebiasan baru, yakni mengutamakan protokol kesehatan.

Tak hanya protokol kesehatan, dalam pelaksanaan operasi ini, jajaran Polres Mabar juga memprioritaskan aspek preemtif, preventif, serta humanis. Sosialisasi terkait protokol kesehatan yang lebih diutamakan bagi para pelanggar.

“Jadi tindakan preemtif 40 persen, preventif 40 persen dan penegakkan hukum 20 persen. Contoh, masyarakat yang tidak pakai masker, maka kami ingatkan. Kami berikan edukasi terkait protokol kesehatan,” jelas Handoyo.

“Jadi, tidak seperti Operasi Ketupat Lebaran kemarin, dimana kali ini tetap dilakukan penindakan seperti pelanggaran – pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas,” imbuhnya.

Ia menambahkan, dalam Operasi Patuh Turangga 2020 kali ini ada tiga sasaran yaitu pelanggaran helm, melawan arus dan kelengkapan kendaraan. Sasaran tambahan adalah pelanggaran dominan di Polres masing – masing.

“Karena operasi sekarang ini berbeda, kegiatan dilaksanakan lebih fokus untuk mendisiplinkan masyarakat menaati aturan lalu lintas, juga untuk mendisiplinkan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan dalam rangka antisipasi Covid–19,” ujar Handoyo.

Kapolres pun berpesan kepada seluruh masyarakat di Bumi Komodo itu untuk selalu disiplin, baik dalam berlalu lintas maupun dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Mari kita selalu tertib dan disiplin dalam berlalu lintas serta disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, sehingga tercipta keselamatan di jalan, serta aman dari Covid–19,” ajaknya. (KI-21)

Check Also

Muscablub Pemuda Pancasila Karangasem, Sujanayasa Terpilih Aklamasi Jadi Ketua

Karangasem (KitaIndonesia.Com) – Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Karangasem menggelar Musyawarah Cabang Luar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *