Ekonomi

Nyoman Parta: Optimalkan CSR, BUMN Jadi Motor Penggerak Utama UMKM

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan motor penggerak yang luar biasa dahsyat, bahkan memiliki kekuatan sepertiga ekonomi nasional, sehingga perannya sangat besar dalam pemulihan ekonomi nasional.

“Kekuatan BUMN luar biasa, terlebih dalam hal penguatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), dengan memaksimalkan peran CSR yang dimiliki,” kata anggota Komisi VI DPR RI, I Nyoman Parta, SH.

Ia melontarkan hal tersebut, saat menyelenggarakan acara Sosialisasi BUMN Sebagai Lokomotif Pemulihan Ekonomi Nasional ‘Peran CSR Dalam Pemulihan Ekonomi’, di Hotel Vasini Denpasar, Minggu 26 Desember 2021.

Demikian pentingnya peran BUMN, maka selama menjabat sebagai DPR RI dan duduk di Komisi VI, Nyoman Parta telah menyalurkan beragam CSR untuk berbagai program penguatan UMKM dan pembangunan infrastruktur.

“Ada CSR kepada Komunitas Madu Kele, pembagunan Bale Kulkul, hingga beragam bantuan untuk pelaku UMKM seperti nesin jahit, mesin obras, alat penunjang pembuatan kopi, laptop dan masih banyak lagi,” beber anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI ini.

Dari program kemitraan dan bantuan CSR, lanjut Nyoman Parta, tentu banyak program penguatan UMKM dapat dijalankan, bahkan dalam prosesnya mendapatkan pendampingan.

“Misalnya bagaimana produk harus SNI (Standar Nasional Indonesia), produk yang harus memiliki NIE (Nomor Izin Edar), hingga bantuan akses modal tanpa anggunan,” ujar Nyoman Parta.

Hal tersebut dilakukan wakil rakyat asal Guwang, Sukawati, Gianyar itu sebagai bentuk keseriusan memaksimalkan potensi UMKM agar semakin berdaya saing.

“Sejatinya, UMKM memiliki potensi yang sangat luar biasa dengan pasar yang besar. Dan dengan perkembangan digitalisasi, maka kita bisa jualan 24 jam tak terbatas jarak dan waktu,” ujar Nyoman Parta.

Ia pun mendorong anak-anak muda, agar harus memiliki mental pengusaha dan mau jadi pengusaha. Selain lebih independen, seorang pengusaha bisa berkontribusi terhadap lingkungan sekitar bahkan negara.

“Bisa ajak tetangga, saudara bekerja, bahkan bisa bantu negara dengan bayar pajak,” tandas Nyoman Parta.

Turut hadir pada kesempatan tersebut I Wayan Gede Andy Wirawan, selaku Pengelola Rumah BUMN Denpasar, yang tampil sebagai narasumber.

Ia menjelaskan, hadirnya Rumah BUMN dapat menjembatani dan memfasilitasi kawan-kawan yang membutuhkan konsultasi usaha dari berbagai bidang. Misalnya saja ada yang ingin mendalami tentang pajak perusahaan, manajemen keuangan perusahaan, digital marketing, dan lainnya, sangat bisa difasilitasi.

“Bisa langsung hadir ke Rumah BUMN ataupun bisa juga dilakukan pendampingan atau konsultasi online lewat zoom yang dijadwalkan sesuai tema,” tutur Andy Wirawan.

“Kami sangat terbuka dengan ruang kolaborasi UMKM, justru sangat senang jika ada teman-teman yang ikut bergabung,” imbuhnya.

Hadir dalam sosialisasi tersebut, peserta yang jumlahnya kurang lebih 100 orang. Mereka dimotivasi untuk memulai usaha, dan yang sudah memiliki usaha diberikan strategi untuk terus berinovasi dan adaptasi dengan tantangan digital.

Salah satu peserta, Putu Durga Laksmi Devi, mengakui bahwa kegiatan ini sangat bagus dan memotivasi khususnya bagi anak muda agar mulai berani menjadi pengusaha.

“Saya sudah mulai dari melakukan pendampinga kecil – kecilan juga dengan beberapa UMKM seperti pedagang keripik. Ya masih belajar banyak,” ucapnya. (KI-01)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button