Home / Ekonomi / Nyoman Parta Dukung Rencana Erick Thohir Leburkan Bisnis Sampingan BUMN
Anggota Komisi VI DPR RI, I Nyoman Parta. (istimewa)

Nyoman Parta Dukung Rencana Erick Thohir Leburkan Bisnis Sampingan BUMN

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, kembali membuat terobosan. Erick Thohir dipastikan akan melebur bisnis-bisnis sampingan yang dimiliki oleh BUMN.

Ia melakukan hal tersebut, sekaligus menindaklanjuti temuan mengenai banyaknya BUMN yang memiliki anak dan cucu usaha yang berbeda dari bisnis inti. Hal ini dinilai memicu banyak BUMN tidak fokus pada alur bisnis utamanya.

Rencana Erick Thohir ini mendapat dukungan dari anggota Komisi VI DPR RI I Nyoman Parta. Politikus asal Bali ini berpandangan, perusahaan – perusahaan yang fokus pada core bisnisnya, umumnya bisa tumbuh kuat dan memiliki daya saing tinggi.

“Namun perusahaan – perusahaan yang tidak fokus pada core bisnis dan terlalu banyak anak usaha yang bukan pada core bisnisnya, cenderung pertumbuhan bisnisnya kurang baik, merugi bahkan bangkrut,” ujar Nyoman Parta, di Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Bagi anggota Fraksi PDIP DPR RI ini, apa yang dirancang Menteri BUMN sudah tepat. Sebab BUMN memang harus fokus pada core bisnisnya, sehingga dapat memperkuat daya saing.

“Dengan begitu, BUMN bisa bersaing di era industri 4.0 ini,” ujar mantan ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bali itu.

Nyoman Parta kemudian menyebut beberapa manfaat penting apabila anak usaha BUMN dilebur. Pertama, BUMN bisa lebih fokus pada bisnis intinya (core business). Kedua, memperkuat bisnis baru dari hasil gabungan beberapa bisnis sampingan tersebut.

“Ketiga, menghindari persaingan dan rebutan pasar tidak sehat antar BUMN. Contohnya, Pertamina punya Pertamina Power, Kerakatau Steel, Antam punya pembangkit dan bersaing dengan PLN untuk sasaran pelanggan yang sama,” urai Nyoman Parta.

Keempat, menghindari BUMN menjadi tempat penampungan pensiun dan keluarga, tanpa ada standar kompetensi yang jelas. Kelima, menciptakan sinergi antar BUMN yang lebih baik dan lebih kuat.

“Keenam, mencegah gagalnya beberapa bisnis sampingan tersebut, sehingga dapat menjaga citra baik BUMN di mata masyarakat. Oleh karena itu, kami dukung Menteri BUMN untuk secepatnnya menata kelembagaan BUMN, agar BUMN bisa berkelas dunia bisa terwujud,” pungkas Nyoman Parta. (KI4)

Check Also

Pemerintah Akan Hapus BBM Jenis Premium, Ketua DPD RI Minta Maksimalkan Sosialisasi

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Pemerintah berencana menghapus bahan bakar minyak (BBM) jenis premium yang mendapatkan subsidi. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *