Home / Nusantara / New Normal, Togar Situmorang: Jangan Lengah, Patuhi Protokol Kesehatan!
Pengamat kebijakan publik yang juga advokat senior Togar Situmorang, SH, MH, MAP. (istimewa)

New Normal, Togar Situmorang: Jangan Lengah, Patuhi Protokol Kesehatan!

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Provinsi Bali memulai tatanan kehidupan baru atau new normal sejak 9 Juli 2020. Ini artinya, masyarakat di Pulau Dewata sudah bisa kembali beraktivitas normal, dengan tetap menerapkan protokol tatanan kehidupan era baru.

Menurut pengamat kebijakan publik yang juga advokat senior Togar Situmorang, SH, MH, MAP, pemberlakuan new normal ini tentu disambut antusias oleh masyarakat. Apalagi sebagai destinasi wisata papan atas, masyarakat Bali tentu berharap sektor pariwisata Bali kembali menggeliat.

Namun di sisi lain, karena wabah virus corona masih menjadi ancaman, Togar Situmorang mengingatkan masyarakat untuk tidak lengah. Masyarakat wajib mematuhi protokol kesehatan.

“Kita jangan lengah. Wajib selalu mematuhi protokol kesehatan. Hal ini juga tentu membuat wisatawan harus ikut mengubah kebiasaan demi mencegah penularan virus corona,” tutur Togar Situmorang, di Denpasar, Jumat (10/7/2020).

Di era new normal, imbuh advokat senior yang dijuluki Panglima Hukum ini, pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism merupakan aspek terpenting untuk memutus rantai penularan Covid-19. Salah satu kebijakan yang harus dibuat adalah pentingnya protokol kesehatan di setiap daerah tujuan wisata.

“Jadi untuk menyambut era baru ini, perlu persiapan yang matang. Seperti contoh, dalam hal bepergian dari luar Bali ke Bali maupun sebaliknya, harus benar-benar diawasi,” ujarnya.

“Hal yang harus benar-benar diperhatikan adalah surat keterangan hasil rapid tes orang-orang dari luar Bali. Jangan sampai ada orang yang membawa surat palsu. Jangan sampai ada yang membawa surat keterangan rapid tes tersebut hanya sekadar guna untuk memenuhi administrasi bepergian. Itu termasuk tindak pidana,” tegas Ketua Pengurus Kota Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (Pengkot POSSI) Kota Denpasar ini.

Togar Situmorang menambahkan, sektor pariwisata merupakan sektor pertama yang harus dibangkitkan di era new normal. Sektor pariwisata berkelanjutan akan menjadi pilihan dan konsekuensi dari bagian pengembangan pariwisata, setelah pandemi Covid-19. Karena itu ke depan, demikian Togar Situmorang, penguatan sektor pariwisata saat new normal berpusat kepada manusia.

BACA JUGA:   Diah Srikandi Kawal Kisruh Perkebunan Pekutatan

“Karena itu, masyarakat dalam melaksanakan aktivitas wajib menerapkan protokol tatanan kehidupan era baru secara tertib, disiplin, dan dengan rasa penuh tanggung jawab,” ajak Founder dan CEO Firma Hukum di Law Firm Togar Situmorang yang beralamat di Jalan Tukad Citarum Nomor 5A Renon, Denpasar (pusat), dan Cabang Denpasar di Jalan Gatot Subroto Timur Nomor 22 Kesiman, Denpasar serta Cabang Jakarta di Gedung Piccadilly Room 1003-1004, Jalan Kemang Selatan Raya Nomor 99, Jakarta Selatan, ini.

Tim 9 Investigasi KOMNASPAN RI ini pun mengimbau masyarakat untuk selalu mengikuti protokol kesehatan dengan memakai masker atau pelindung wajah, menjaga jarak, tidak berkerumun, rajin mencuci tangan, dan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Ini penting, mengingat selain melalui droplett, ada kemungkinan penyebaran virus ini juga melalui udara di ruang tertutup.

“Kita tidak tahu kapan pandemi ini berakhir. Oleh sebab itu, kita harus bisa melindungi diri masing-masing. Ikuti apa yang sudah diintruksikan oleh pemerintah, serta hati-hati dalam new normal. Kita perlu menjaga imun tubuh dengan minum vitamin, jaga jarak, perhatikan waktu dan cukup istirahat, rajin olahraga teratur, makan yang sehat. Ingat, kesehatan itu lebih penting! Dan besar harapan kita bersama, wabah virus ini bisa benar-benar hilang atau paling tidak segera diketemukan obatnya,” pungkas serta menjaga daya tahan tubuh,” kata Togar Situmorang, yang juga Ketua Hukum RS dr Moedjito Dwidjosiswojo Jombang, Jawa Timur. (KI-01)

Check Also

Warga Gorontalo Tutup Akses Jalan Simpang Pede

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Warga Desa Gorontalo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *