Home / Nusantara / Misa Kamis Putih di Labuan Bajo Berjalan Lancar, GP Ansor Ikut Melakukan Pengamanan
Suasana pengamanan di Gereja Stasi Stella Maris Labuan Bajo saat Misa Kamis Putih, Kamis 1 April 2021 sore. (kitaindonesia/itho umar)

Misa Kamis Putih di Labuan Bajo Berjalan Lancar, GP Ansor Ikut Melakukan Pengamanan

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Pelaksanaan Misa Kamis Putih di sejumlah Gereja di Labuan Bajo, berjalan aman dan lancar. Umat tampak khusyuk mengikuti seluruh rangkaian ritus mengenang Perjamuan Malam Terakhir yang dipimpin oleh Yesus itu.

Pantauan kitaindonesia.com di Gereja Paroki Roh Kudus Labuan Bajo, Kamis (1/4/2021) sore misalnya, umat yang hadir tampak menerapkan protokol kesehatan. Selain memakai masker, mereka juga menyuci tangan sebelum memasuki Gereja.

Bukan itu saja, pengamanan oleh tim gabungan di sekitar areal Gereja juga terlihat cukup ketat. Beberapa personel keamanan bahkan tampak dilengkapi dengan senjata lengkap.

Menariknya, selain personel TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan, para pemuda Muslim yang tergabung dalam wadah Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Manggarai Barat juga turut melakukan pengamanan di sekitar Gereja Paroki Roh Kudus. Begitu pula dengan anggota THS-THM Labuan Bajo.

Menurut Ketua PC GP Ansor Manggarai Barat Usman Midin, partisipasi pengamanan ini akan dilakukan selama Tri Hari Suci Paskah. Partisipasi dalam pengamanan ini diakuinya sebagai bentuk komitmen kebangsaan dari GP Ansor.

“Kami dari Gerakan Pemuda Ansor ikut serta mengamankan Misa Kamis Putih di Gereja Paroki Roh Kudus dan Gereja lainnya di Labuan Bajo. Ini adalah bentuk komitmen kebangsaan kami dari Gerakan Pemuda Ansor. Ini bukan yang terakhir, tetapi besok sampai proses Paskah ini selesai, kami akan terus hadir serta bersinergi dengan TNI/ Polri untuk tetap menjaga kerukunan dan keberagaman yang ada di Kabupaten Manggarai Barat,” tutur Usman Midin.

Ia berharap, kerukunan dan keberagaman di Kabupaten Manggarai Barat terus lestari. Sebab hal itu sudah dirawat dengan baik selama ini.

“Ini menjadi kekuatan kita yang ada di Kabupaten Manggarai Barat, agar orang yang ingin mencoba merusak keberagaman ini tidak bisa hadir karena di internal kita, sesama putra daerah, sesama anak bangsa kuat untuk menjaga dan merawat keberagaman,” tandasnya.

Sementara itu, pelaksanaan Misa Kamis Putih di Gereja Maria Bunda Segala Bangsa Wae Kesambi dan Gereja Stasi Stella Maris Labuan Bajo, juga berjalan aman dan lancar. Pengamanan ketat oleh tim gabungan juga terlihat di dua Gereja ini. (KI-05)

Check Also

Loccal Collection Berbagi Kasih dengan Anak-anak Panti Asuhan di Labuan Bajo

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Loccal Collection Hotel Labuan Bajo menunjukkan kepeduliannya kepada sesama, dengan berbagi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *