Home / Sains & Tekno / Microsoft Boyong PC Game Pass ke Indonesia, Rp 1.500 Bisa Main Bethesda dan Forza Horizon 5

Microsoft Boyong PC Game Pass ke Indonesia, Rp 1.500 Bisa Main Bethesda dan Forza Horizon 5

KitaIndonesia.Com – Microsoft mengonfirmasi pihaknya akan menghadirkan layanan berlangganan PC Game Pass untuk para pencinta game PC di Indonesia dalam waktu dekat.

PC Game Pass adalah layanan berlangganan game dari Microsoft untuk perangkat Windows. Pelanggan layanan ini bisa mengunduh dan memainkan ratusan game yang tersedia dari berbagai pengembang ternama.

Sebelum resmi diluncurkan, perusahaan rintisan Bill Gates ini membuka kesempatan bagi gamer Tanah Air untuk menjajal layanan berbayar tersebut melalui program Xbox Insider. Gamer PC di Tanah Air, bisa mencoba berlangganan layanan ini dengan harga Rp 1.500 saja. Namun, harga ini hanya berlaku sampai PC Game Pass dirilis resmi di Indonesia.

Xbox Asia Business Lead, Jeremy Hinton mengatakan bahwa layanan Xbox PC Game Pass hadir untuk memberikan pengalaman premium bagi komunitas game di seluruh dunia, termasuk di Asia Tenggara.

“Membawa PC Game Pass ke negara-negara baru di Asia Tenggara adalah bagian penting dari upaya kami mencapai misi tersebut seiring dengan upaya kami untuk menjangkau miliaran pemain,” kata Jeremy dalam keterangan resmi yang dilansir dari KompasTekno, Selasa (29/3/2022).

Pantauan media ini layanan Xbox PC Game Pass sendiri tampaknya memang belum tersedia di Indonesia melalui aplikasi Xbox. Ketika membuka aplikasi tersebut, Microsoft bakal memberitahu pengguna bahwa “layanan belum tersedia di kawasan Anda”.

Ilustrasi Xbox PC Game Pass yang belum tersedia di Indonesia
Ilustrasi Xbox PC Game Pass yang belum tersedia di Indonesia

Untuk menjajal layanan PC Game Pass versi uji coba ini, pengguna wajib mengunduh (download) aplikasi “Xbox Insider Hub” terlebih dahulu melalui Microsoft Store.

Setelah diunduh, pengguna bisa membuka aplikasi tersebut dan masuk menggunakan akun Microsoft yang terdaftar. Lalu di dalam aplikasi, pengguna bisa mengunjungi menu “Previews” dan memilih menu “Xbox PC Game Pass Southeast Asia Market Expansion”.

Di laman selanjutnya, klik tombol “Join” untuk mendaftar sebagai pengguna Xbox Insider, sebagaimana ilustrasi gambar berikut.

Setelah bergabung dengan program Xbox Insider, pengguna bisa kembali ke aplikasi Xbox dan masuk menggunakan akun yang sama. Di sini, gamer bisa membeli layanan berlangganan PC Game Pass untuk tahap uji coba dengan harga spesial Rp 1.500.

Menurut Microsoft, harga layanan berlangganan ini bakal diterapkan hingga pihaknya selesai memastikan bahwa Xbox PC Game Pass resmi meluncur di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Selama tahap uji coba ini, Microsoft juga akan memastikan metode pembayaran PC Game Pass bisa digunakan tanpa kendala. Saat ini, metode pembayaran yang disediakan Microsoft sendiri terpantau hanya kartu kredit atau kartu debit.

Adapun layanan berlangganan uji coba khusus pengguna Xbox Insider ini juga dihadirkan untuk menampung berbagai keluhan dari para pengguna awal, supaya Xbox PC Game Pass nantinya tidak dibekali dengan aneka masalah ketika diluncurkan secara publik di Indonesia.

Game yang tersedia di PC Game Pass Seperti diketahui, Xbox PC Game Pass merupakan layanan berlangganan bulanan yang diluncurkan pada 2019 lalu. Layanan ini bakal memberikan akses terhadap ratusan game PC kekinian dari berbagai studio game, terutama yang dibuat oleh pengembang game naungan Xbox Game Studios.

Beberapa di antaranya seperti Minecraft, Bethesda, Forza Horizon 5, Sea of Thieves, Grounded, Microsoft Flight Simulator, Age of Empires, dan masih banyak lagi. Ketika berlangganan, pengguna juga bakal mendapatkan benefit berlangganan layanan EA Play tanpa biaya tambahan. Layanan EA Play ini dibutuhkan untuk memainkan beragam game yang dirilis oleh Electronic Arts (EA). (KI7)

 

 

Check Also

China luncurkan satelit 6G (@elenaneira/Twitter)

Gunakan Teknologi 6G, Peneliti Tiongkok Mampu Alirkan Data Berkapasitas 1TB dalam Sedetik

KitaIndonesia.Com – Beberapa waktu lalu, para peneliti di Tiongkok dikabarkan tengah mulai mengembangkan teknologi 6G …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *