Home / Ekonomi / Menteri Keuangan: Kondisi APBN Semakin Membaik
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (istimewa)

Menteri Keuangan: Kondisi APBN Semakin Membaik

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati memastikan bahwa kondisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)

“Optimisme akan pemulihan ekonomi nasional juga semakin nyata. Aktivitas ekonomi tetap terjaga positif, indikator produksi dan konsumsi terus tumbuh, dan kemampuan penanganan Covid-19 terus membaik,” kata Sri Mulyani, di Jakarta, Selasa 21 Desember 2021.

Ia menjelaskan, sampai akhir November 2021, penerimaan negara telah mencapai 97,5% dari target 2021.

“Tentu ini sungguh menggembirakan,” ucapnya. “Penerimaan pajak mengalami peningkatan kinerja hingga 35,6% (tumbuh 17% yoy), bea dan cukai mencapai 22,5% (tumbuh 26,6% yoy), PNBP bahkan mencapai 41,3% (tumbuh 25,4% yoy),” urai Sri Mulyani.

Berkat peforma penerimaan tersebut, menurut dia, defisit tahun ini sangat membaik dari tahun lalu. Jika tahun lalu di bulan November mencapai 5,73%, maka tahun ini turun ke 3,63%.

“Pemerintah juga mengoptimalisasi SILPA, sehingga penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) dapat berkurang hingga Rp263,5 triliun,” ujarnya.

Kinerja ini, lanjut Sri Mulyani, menjadi modal yang baik untuk memasuki tahun 2022. Tetapi berbagai tantangan global harus terus mendapat perhatian.

“Pemerintah optimis, Indonesia mampu menyehatkan kembali APBN dengan tetap menjaga kewaspadaan, baik dari risiko geopolitik, ataupun varian Omicron,” pungkas Sri Mulyani. (KI-33)

Check Also

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Edy Priyono, 1 April 2022 /Dok. ksp.go.id

Kenaikan PPN Hingga 11 Persen Disebut Untuk Kurangi Ketimpangan Ekonomi

KitaIndonesia.Com – Mulai 1 April 2022, pemerintah menaikkan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari 10% menjadi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *