Home / Peristiwa / Nasional / Menparekraf: Disiplin Terapkan Prokes Jadi Kunci Pemulihan Pariwisata Nasional
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga S Uno memberikan keterangan pers usai meninjau protokol kesehatan di Bandara Komodo. (istimewa)

Menparekraf: Disiplin Terapkan Prokes Jadi Kunci Pemulihan Pariwisata Nasional

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) -Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga S Uno mengakui bahwa sektor pariwisata sangat terpukul akibat pandemi Covid-19. Karena itu, pemerintah mencoba mengambil berbagai kebijakan agar kondisi ini tak semakin terpuruk.

Salah satunya, pemerintah mewajibkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan (Prokes), seperti rutin mencuci tangan, menjaga jarak, hingga menggunakan masker. Bahkan khusus untuk Jawa dan Bali, pemerintah menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) secara ketat, menyusul semakin tingginya kasus positif Covid-19 di dua pulau padat penduduk itu.

“Jadi sangat penting menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya menghentikan penyebaran Covid-19. Hal ini sekaligus diharapkan memberikan dampak yang besar dalam upaya memulihkan kondisi pariwisata nasional yang sedang terpuruk,” kata Sandiaga Uno, saat meninjau penerapan protokol kesehatan di Bandara Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Kamis (7/1/2021).

Mantan calon wakil presiden yang mendampingi Calon Presiden Prabowo Subianto pada Pilpres 2019 itu pun memuji penerapan protokol kesehatan di Bandara Komodo. Sandiaga Uno menyebut, protokol kesehatan diterapkan dengan baik oleh pengelola bandara di ujung barat Pulau Flores itu.

“Saya meninjau aspek protokol kesehatan di Bandara Komodo Labuan Bajo, untuk memastikan kita secara ketat dan disiplin menerapkan standar protokol Covid-19, yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Dan di sini (penerapan protokol kesehatan) sangat baik,” ucapnya.

Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja di Labuan Bajo selama tiga hari, tanggal 7 – 9 Januari. Selain Bandara Komodo, ia dijadwalkan akan mengecek penerapan penerapan protokol kesehatan di berbagai destinasi wisata di Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo (TNK).

Dalam kunjungan perdana ke Labuan Bajo pasca dilantik menjadi Menparekraf, Sandiaga Uno juga meninjau proyek pembangunan Kawasan Souvenir Puncak Waringin. Pada kesempatan tersebut, mantan Ketua Umum HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) ini memastikan bahwa pemerintah akan menata Labuan Bajo secara total. Apalagi, Labuan Bajo telah dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan even internasional seperti G20 dan ASEAN Summit.

“Kami pastikan kolaborasi antara Kementerian Perhubungan, Pemda, Forkompinda di sini dan kami di pusat akan betul-betul menjalankan sesuai arahan Bapak Presiden bahwa Labuan Bajo yang merupakan salah satu dari lima destinasi super prioritas, betul-betul siap untuk pelaksanaan even berskala dunia seperti G20 di tahun 2022 dan ASEAN Summit 2023,” kata Sandiaga Uno. (KI-03)

Check Also

Raffi Ahmad Pesta Usai Suntik Vaksin, Togar Situmorang: Bisa Jadi Bumerang Bagi Pemerintah

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Raffi Ahmad mendapat kesempatan disuntik vaksin Covid-19 perdana tanggal 13 Januari 2021 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *