Home / Sains & Tekno / Menjadi Masyarakat Digital yang Cakap akan Perkembangan Teknologi
Ilustrasi Melek Digital (Ist)

Menjadi Masyarakat Digital yang Cakap akan Perkembangan Teknologi

Sikka (KitaIndonesia.Com) – Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan untuk berinteraksi antar manusia memunculkan jenis masyarakat baru. Masyarakat yang identik dengan cara berinteraksi menggunakan teknologi digital yang disebut masyarakat digital atau digital Network society.

Menurut Josephine Brightnessa, Marketing Manager Digital App, dalam Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Rabu 22 September 2021, ada beberapa ciri terbentuknya masyarakat digital yaitu keberadaan digital citizenship (e-ktp atau e-paspor), berkecimpung dalam digital lifestyle (media sosial) dan mempergunakan digital commerce (e-commerce, digital marketplace, atau pun saham)

“Saat ini transformasi digital bukan lagi menjadi pilihan melainkan suatu kewajiban. Dan saya merasakan sendiri bahwa selama mengalami covid 19 ini semua berubah. Sehingga sangat penting bagi semua lapisan masyarakat untuk beradaptasi menjadi masyarakat digital untuk dapat tetap menjalankan dan mengkoordinasikan kegiatan mereka,” ujar Josephine dalam webinar yang dipandu oleh Eddie Bingky ini.

Ia juga mengakui bahwa memang semua segmen di kehidupan kita saat ini memaksa kita untuk menjadi masyarakat digital sehingga selama pandemic transformasi digital bukan lagi menjadi pilihan melainkan suatu kewajiban.

Untuk itulah kita harus mengetahui bagaimana cara menjadi masyarakat digital yang cakap akan perkembangan teknologi. Yaitu dengan meningkatkan metode komunikasi antar sesame lewat online, membaca banyak buku konvensional maupun e-book serta menonton YouTube.

“Semua bisa kita dapatkan di YouTube sekarang sudah seperti Google. Banyak pengetahuan yang bisa kita dapatkan di sana. Apapun kita bisa cari tahu misalnya tutorial tutorial, seperti contohnya trik-trik apapun itu semua ada di YouTube,” bebernya.

Selain itu untuk menjadi masyarakat digital kita juga harus selalu terhubung dengan yang lainnya atau bersosialisasi. Dengan adanya fitur fitur messaging atau sosial media kita juga hanya bisa terkoneksi dengan keluarga bahkan sekarang kita bisa terkoneksi dengan orang-orang di luar negeri.

Cara lain adalah dengan meningkatkan kemampuan diri lewat kursus-kursus online bisa lewat free app yang gratis. Serta mempraktekkan skill penggunaan teknologi untuk pekerjaan kita, hobi ataupun mengerjakan tugas lainnya.

“Masyarakat digital juga tidak pelit berbagi, setelah memiliki skill cukup maka harus membaginya dengan orang lain lewat pengajaran. Jangan segan untuk mengajarkan ke orang lain dengan kita mengajarkan apa yang kita punya orang lain akan berdampak baik pada kita karena kita juga jadi bisa tukar pikiran kepada orang,” jelasnya.

Dan yang tak kalah pentingnya untuk menjadi masyarakat digital adalah tak bosan untuk mengikuti perkembangan teknologi terbaru.

Selain Josephine juga hadir pembicara lainnya yaitu Adji Srihandoyo, Business Development Director Koperasi Tri Capital Investama/TC Invest, Yosefina Andia Dekrita Dosen Universitas Nusa Nipa dan Nard Geisha sebagai Key Opinion Leader.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital. (KI7)

 

Check Also

Pentingnya Menjaga Rekam Jejak Digital Positif

Mataram (KitaIndonesia.Com)– Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini terpengaruh oleh teknologi digital. Majunya teknologi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *