Home / Politik / Mengejutkan! Demer Mundur dari Pencalonan, Sugawa Korry Nakhodai Golkar Bali
Wakil Ketua DPP Partai Golkar Roem Kono (tengah) bersama Gde Sumarjaya Linggih dan I Nyoman Sugawa Korry. (istimewa)

Mengejutkan! Demer Mundur dari Pencalonan, Sugawa Korry Nakhodai Golkar Bali

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Musyawarah Daerah (Musda) Partai Golkar Provinsi Bali, di Sanur, Denpasar, Senin (24/2/2020), diwarnai kejutan. Pasalnya Sekretaris DPD Partai Golkar Provinsi Bali Dr Nyoman Sugawa Korry, yang nyaris tak masuk dalam daftar kader yang akan bertarung pada perebutan kursi ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali, justru terpilih secara aklamasi menakhodai ‘Beringin’ di Pulau Dewata.

Kejutan ini ternyata sudah didesain dengan rapi oleh Plt Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali Gde Sumarjaya Linggih alias Demer, yang sesungguhnya difavoritkan kembali menjadi ketua. Sebab diam-diam, Sabtu (23/2/2020), Demer meminta Sugawa Korry untuk menjadi ketua, menggantikan dirinya. Permintaan itu dilakukan secara rahasia, seturut keputusan Demer untuk mundur dari pencalonan.

Skenario ini pun mulus. Saat menyampaikan laporan pertanggungjawaban pada forum Musda Golkar Bali, Demer mengumumkan secara terbuka keputusannya untuk mundur dari pencalonan. Ia mundur setelah melalui permenungan dalam doa sehari jelang Musda, dan ingin berkonsentrasi sebagai ketua DPP Partai Golkar serta wakil rakyat di Senayan.

Gde Sumarjaya Linggih bersama Nyoman Sugawa Korry. (istimewa)

Keputusan Demer ini direspons pemilik suara sah dalam Musda Golkar Bali, dengan menunjuk Sugawa Korry secara aklamasi sebagai ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali periode 2020-2025. Sugawa Korry kemudian sah ditetapkan sebagai nakhoda ‘beringin’ di Pulau Dewata lima tahun ke depan.

Selain menetapkan Sugawa Korry sebagai ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali periode 2020-2025, Pimpinan Sidang Tetap Musda Golkar Bali juga menetapkan Dr Nengah Dauh Wijana sebagai Sekretaris dan Komang Takuaki Banuartha selaku Bendahara.

“Banyak tugas-tugas yang harus saya kerjakan dan selesaikan di pusat. Jadi ini keputusan terbaik,” tutur Demer, yang juga Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, saat dikonfirmasi usai menyampaikan keputusan besar tersebut.

Ia yakin, Sugawa Korry mampu memimpin Partai Golkar Bali dengan baik dan membuat partai ini lebih solid menghadapi berbagai agenda ke depan, baik Pilkada Serentak 2020 maupun Pemilu 2024.

Penyerahan Pataka Partai Golkar dari Gde Sumarjaya Linggih kepada Nyoman Sugawa Korry. (istimewa)

Sementara itu dalam sambutannya setelah resmi terpilih, Sugawa Korry masih mengaku terkejut dengan keputusan ini. Ia masih belum percaya bahwa dirinya kini menjadi ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali.

“Sampai sekarang, saya masih tidak percaya dinyatakan sebagai ketua Golkar Bali,” kata Sugawa Korry.

Ia mengaku tidak pernah berambisi maju merebut posisi ketua Golkar Bali, apalagi harus bertarung dengan Demer. Bagi Sugawa Korry, jika Demer tetap maju sebagai calon maka dirinya tidak pernah mau masuk bursa pencalonan.

“Saya tidak maju kalau Pak Demer maju. Saya tidak ingin berlawanan dengan beliau. Saya tidak ingin partai pecah,” ujar Sugawa Korry.

“Astungkara, puji syukur pada Tuhan, amanah ini saya terima. Ini juga berkat niat baik Pak Gde Sumarjaya Linggih yang secara tulus ikhlas meminta saya maju memimpin Golkar Bali,” imbuhnya.

Diketahui, Musda Partai Golkar Bali dibuka Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace), didampingi Wakil Ketua DPP Partai Golkar Roem Kono, Plt Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali Gde Sumarjaya Linggih. Musda dihadiri lebih dari 303 peserta, terdiri dari tokoh, pinisepuh Partai Golkar, pengurus pleno DPD Partai Golkar Provinsi Bali, DPD II Partai Golkar, Fraksi Golkar DPR RI, DPRD Bali, DPRD Kabupaten, ormas pendiri, organisasi sayap Partai Golkar, Pimpinan Kecamatan serta kader. (KI4)

Check Also

Silaturahmi Polda Bali Usai Pilkada Tabanan, Cabup Panji Astika Komit Jaga Kamtibmas Tetap Kondusif

Tabanan (KitaIndonesia.Com) – Polda Bali menggelar silaturahmi dengan Calon Bupati (Cabup) Tabanan Anak Agung Ngurah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *