Home / Peristiwa / Nasional / Medsos Maksimalkan Promosi Labuan Bajo Sebagai Destinasi Wisata Super Prioritas

Medsos Maksimalkan Promosi Labuan Bajo Sebagai Destinasi Wisata Super Prioritas

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar Workshop Genposting (Generasi Positive Thinking) di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, pekan lalu.

Workshop ini digelar dalam rangka memberikan pemahaman kepada generasi muda, penggiat wisata bahari dan travel blogger/ vlogger Kota Labuan Bajo tentang potensi sosial media sebagai sarana promosi interaktif bagi pariwisata Indonesia, termasuk Labuan Bajo. Workshop ini juga untuk memberikan pembekalan keterampilan dalam memproduksi konten kreatif dan positif berupa tulisan, gambar dan video.

“Pariwisata menjadi salah satu sektor unggulan atau leading pembangunan nasional. Untuk menyukseskan pembangunan pariwisata nasional, ada beberapa yang harus dibangun seperti daya tarik wisata atau atraksi, prasarana, fasilitas umum, fasilitas pariwisata, dan pemberdayaan masyarakat,” kata Irawan Usman, Kasubdit Informasi dan Komunikasi Maritim Direktorat Informasi dan Komunikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, mengawali workshop.

Dikatakan, seiring dengan perkembangan era digital, promosi pariwisata tidak hanya dilakukan melalui media konvensional. Promosi dapat dilakukan secara gencar melalui media sosial (Medsos).

“Melalui media sosial, promosi dapat dilakukan dengan mengunggah foto atau video yang dapat menarik wisatawan untuk datang berwisata ke Indonesia, termasuk Labuan Bajo,” ucapnya.

Sementara itu Asisten II Bupati Manggarai Barat Martinus Ban, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan ditunjuknya Labuan Bajo sebagai destinasi super prioritas, ada beberapa hal yang masih harus dioptimalkan dan diperhatikan pembangunannya.

“Sebagai contoh, Labuan Bajo masih membutuhkan optimalisasi infrastruktur jaringan komunikasi, BTS, dan fasilitas pendukung lainnya di sekitar Taman Nasional Komodo,” jelas Martinus.

Ia berharap, pada akhir tahun ini ada perubahan di Labuan Bajo melalui berbagai program yang dieksekusi oleh semua kementerian atau lembaga dan instansi terkait setempat.

“Melalui kegiatan ini, semoga kita dapat memaksimalkan media sosial untuk promosi positif pariwisata Labuan Bajo,” ungkap Martinus.

Ia menambahkan, meskipun masih banyak yang harus dioptimalkam di Labuan Bajo dalam hal kebutuhan telekomunikasi dan TIK, pihaknya berharap bahwa workshop ini akan membawa perubahan ke depan. Paling tidak, akan banyak orang luar yang tahu tentang Labuan Bajo melalui konten media sosial anak-anak muda Labuan Bajo.

Workshop Genposting yang dimoderatori Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Manggarai Barat, Ir Dominikus Damsut ini, juga menghadirkan Ketua Generasi Pesona Indonesia (GENPI) Labuan Bajo Rudianto Zainudin, dan pakar media sosial Rulli Nasrullah. (KI21)

Check Also

Raffi Ahmad Pesta Usai Suntik Vaksin, Togar Situmorang: Bisa Jadi Bumerang Bagi Pemerintah

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Raffi Ahmad mendapat kesempatan disuntik vaksin Covid-19 perdana tanggal 13 Januari 2021 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *