Home / Nusantara / Mau Saksikan Atraksi Budaya Manggarai? Yuk, ke Desa Liang Ndara!
Tarian Caci yang dimainkan sanggar budaya di Desa Liang Ndara. (kitaindonesia.com/itho umar)

Mau Saksikan Atraksi Budaya Manggarai? Yuk, ke Desa Liang Ndara!

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Selama pandemi Covid-19, sejumlah objek wisata di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, ditutup. Selama itu juga, berbagai atraksi budaya yang biasanya disuguhkan kepada wisatawan, semuanya berhenti total, tak terkecuali di Desa Liang Ndara, Kecamatan Mbeliling, Manggarai Barat.

Liang Ndara selama ini dikenal sebagai desa wisata. Masyarakat di desa ini sangat profesional dalam melayani tamu. Melalui sanggar budaya, mereka menunjukkan beragam atraksi budaya dan seni khas Manggarai, mulai dari Tarian Tiba Meka, Tarian Rangkuk Alu, Tarian Ako Mawo, Sanda, hingga Caci.

Setelah beberapa bulan vakum akibat pandemi Covid-19, kini Desa Liang Ndara kembali menggeliat. Berbagai atraksi budaya, sudah mulai dipertontonkan di desa yang terletak di lereng Gunung Mbeliling atau sekitar 30 km dari Labuan Bajo, itu.

Meski belum normal sebagaimana biasanya, namun masyarakat maupun wisatawan yang sudah tak sabar menyaksikan berbagai atraksi budaya Manggarai, sudah bisa bertandang ke Liang Ndara. Syaratnya, tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

“Kami sudah mulai siap mempertontonkan Tarian Caci kepada wisatawan yang mengunjungi Desa Liang Ndara. Tentu dalam pertunjukan tarian adat Manggarai ini, kami memperhatikan protokol kesehatan,” kata Ketua Sanggar Budaya Riang Tanah Tiwa, Kristo Nison, saat ditemui di Liang Ndara, Sabtu (12/9/2020).

Dijelaskan, pada masa tatanan kebiasaan baru ini, anggota Sanggar Budaya Riang Tanah Tiwa siap mempertunjukkan Tarian Caci dan tarian adat Manggarai lainnya kepada wisatawan.

Selain tarian, wisatawan yang berkunjung juga bisa menyaksikan keindahan alam Kampung Melo dan Cecer, Desa Liang Ndara. Apalagi letak Kampung Melo dan Cecer berada di puncak, sehingga pemandangan yang indah dapat dilihat dari arena pertunjukan caci.

“Bagi wisatawan yang ingin menyaksikan pertunjukan Tarian Caci, dapat mengunjungi Sanggar Riang Tanah Tiwa di Kampung Cecer, Desa Liang Ndara. Selain pertunjukan caci, wisatawan juga dapat menyaksikan tarian adat Manggarai lainnya,” ujar Kristo Nison.

Sementara itu Kepala Divisi Komunikasi Publik Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOPLBF) Sisilia Jemana mengakui bahwa seluruh destinasi wisata di Manggarai Barat sudah mulai dibuka. Selain alam, wisatawan juga dapat menyaksikan pertunjukan tarian adat Manggarai di sejumlah sanggar budaya di Desa Liang Ndara.

“Tarian Caci akan terus disajikan sebagai atraksi utama yang akan disuguhkan bagi wisatawan yang berkunjung ke Manggarai Barat,” tutur Sisilia Jemana. (KI-21)

Check Also

Hari Laut Sedunia, Escape Bajo Bersama Komodo Escape Gelar Aksi Bersihkan Sampah di Pantai dan Laut

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Escape Bajo bersama Komodo Escape akan menggelar aksi bersihkan sampah di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *