Home / Nusantara / Martinus Mitar: Liang Ndara Ideal Jadi Desa Buah
Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Kabupaten Manggarai Barat, Martinus Mitar. (kitaindonesia.com/itho umar)

Martinus Mitar: Liang Ndara Ideal Jadi Desa Buah

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com)Desa Liang Ndara, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, merupakan salah satu desa penghasil buah terbaik dan terbanyak di ujung barat Pulau Flores. Setiap warga di daerah itu rata-rata memiliki kebun buah. Bahkan di pinggir jalan di daerah itu, tak sedikit warga setempat yang menjual buah – buahan.

Kondisi ini ternyata mendapat perhatian khusus dari Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Kabupaten Manggarai Barat, Martinus Mitar. Menurut dia, dengan kondisi yang ada, Liang Ndara sesungguhnya sangat ideal menjadi desa buah.

“Siapa yang tidak kenal Desa Liang Ndara? Bicara buah, ya, salah satu desa rujukan kita, ya, Desa Liang Ndara. Sepanjang jalan ada kebun buah. Banyak juga buah yang dijual di pinggir jalan. Kalau kita bisa tata dengan baik, saya yakin ini bisa menjadi penghasilan yang luar biasa bagi petani buah di Desa Liang Ndara,” tutur Martinus Mitar, saat melakukan reses edukasi pandemi Covid-19, di Desa Liang Ndara, Selasa (28/04/2020).

Ia pun mendorong pemerintah desa setempat, agar serius mewujudkan Liang Ndara sebagai desa buah bernuansa wisata. Sebab Liang Ndara sangat potensial untuk dikembangkan ke arah itu.

“Saya minta kepala desa sekarang untuk katakan ya. Ya, artinya siap untuk rencana Liang Ndara sebagai desa buah bernuansa wisata,” tandas mantan Kepala Desa Golo Bilas itu.

Ia tak menampik, selama ini kendala yang dialami oleh petani buah adalah terkait pemasaran. Hanya saja Martinus Mitar memastikan bahwa kondisi tersebut bisa diatasi ke depan. Syaratnya, pemerintah Kabupaten Manggarai Barat bersama pemerintah Desa Liang Ndara membuat kesepakatan, agar stok buah diambil dari desa ini.

“Saya pikir jika kita memiliki komitmen dan niat yang kuat, pasti rencana ini akan berhasil. Saya yakin, petani buah di Desa Liang Ndara akan sejahtera,” ujar Martinus Mitar.

Ia menambahkan, apabila skema ini berjalan, maka langkah selanjutnya adalah mengarahkan semua wisatawan yang datang ke Labuan Bajo untuk berkunjung ke Desa Liang Ndara. Wisata bisa langsung menikmati hasil buah di desa ini.

Gagasan Martinus Mitar ini disambut positif oleh Kepala Desa Liang Ndara, Karolus Vitalis. Ia mengaku sangat setuju menjadikan Liang Ndara sebagai desa buah.

“Saya pikir semua ide, gagasan, yang sifatnya membangun pastinya akan didukung,” ucapnya.

Vitalis pun berharap, anggota DPRD Kabupaten Manggarai Barat ikut mendorong pemerintah daerah untuk menjadikan Liang Ndara sebagai desa buah. Apalagi potensi buah di Liang Ndara diakuinya sangat luar biasa. (KI21)

Check Also

Sebanyak 6.619 Jiwa Terdampak Banjir di Pekalongan

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Hujan dengan intensitas tinggi terjadi di Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah, sejak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *