Home / Politik / Marten Mitar Dorong Pemkab Manggarai Barat Serius Tangani Persoalan Tanah
Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat Matinus Mitar. (kitaindonesia/itho umar)

Marten Mitar Dorong Pemkab Manggarai Barat Serius Tangani Persoalan Tanah

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Persoalan tanah menjadi salah satu perhatian Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat Matinus Mitar, usai mengambil sumpah/janji dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Manggarai Barat, Rabu (24/2/2021).

Ia secara khusus mendorong Pemkab Manggarai Barat agar serius dalam menangani masalah ini. Apalagi belakangan ini, sengkarut agraria di Labuan Bajo menjadi perhatian nasional.

DPRD Manggarai Barat, menurut dia, juga akan terus mendorong pemangku adat agar bersinergi dengan pemerintah dalam menuntaskan masalah tanah ini.

“Agar kepastian hukum status tanah di Manggarai Barat khusus di Labuan Bajo didukung total oleh pemangku adat, dan pemerintah juga harus menempatkan posisinya sesuai dengan kedudukannya,” kata Marten Mitar, sapaan akrabnya, saat diwawancara wartawan usai dilantik.

Ia menambahkan, meski sebagai ketua DPRD dirinya tidak punya kewenangan lebih untuk mengatasi masalah tanah di Manggarai Barat, namun tugas dan kewenangan untuk pengendalian terhadap para mafia tanah di Labuan Bajo akan lebih ditingkatkan.

“Mungkin itu upaya yang perlu kami tingkatkan, terkait pengawasan agar status tanah di Labuan Bajo semakin jelas dan bisa dipertanggungjawabkan secara publik demi kepuasan banyak pihak,” tandas wakil rakyat Dapil I Manggarai Barat itu.

Ia tak menampik, masalah tanah menjadi keresahan tersendiri bagi masyarakat. Begitu juga dengan investor. Karena itu, ia berharap hal ini akan menjadi perhatian khusus Pemkab Manggarai Barat.

“Kami mendorong pemerintah agar lebih cermat dalam mengambil langkah dan tindakan terhadap persoalan tanah di Labuan Bajo. Tidak mengabaikan regulasi-regulasi yang ada,” tandas Marten Mitar. (KI-05)

Check Also

Baliho Puan Mejeng di Berbagai Daerah, Pengamat: Untuk Persiapan Pilpres 2024

Jakarta (KitaIndonesia.Com) -Pemasangan baliho Puan Maharani di sejumlah daerah ditengarai sebagai persiapan menghadapi pemilihan presiden …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *