Home / Politik / Manuver Baru Artha Dipa: Mundur dari Pencalonan di Golkar
Wayan Artha Dipa saat resmi bergabung dengan Partai Golkar. (kitaindonesia.com/m susanto)

Manuver Baru Artha Dipa: Mundur dari Pencalonan di Golkar

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Wayan Artha Dipa, kembali melakukan manuver. Sebelumnya, Wakil Bupati Karangasem itu mundur dari Partai NasDem dan memilih bergabung dengan Partai Golkar di penghujung 2019 lalu.

Kini, di awal tahun 2020, Artha Dipa malah membuat kejutan baru. Konon, mantan Dewan Pertimbangan DPW Partai NasDem Provinsi Bali itu sudah semakin dekat dengan PDIP. Spekulasi ini menguat, menyusul langkah politik terbaru yang diambil Artha Dipa, yakni mundur dari pencalonan di Partai Golkar jelang Pilkada Karangasem 2020.

Keputusan ini mengejutkan. Sebab, Artha Dipa sesungguhnya telah sah menjadi kader “Beringin”. Bukan itu saja, sebab Artha Dipa juga telah resmi mendaftar sebagai bakal calon bupati Karangasem, di Partai Golkar.

Keputusan Artha Dipa mundur dari pencalonan di Partai Golkar terungkap melalui surat pernyataan yang dilayangkannya tertanggal 8 Januari 2020. Surat yang ditujukan kepada Tim Pilkada Partai Golkar Karangasem ini berisi perihal ‘Mengundurkan Diri Sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Karangasem yang akan datang.

Dalam surat pernyataan tersebut, Artha Dipa menyampaikan enam (6) poin. Pertama, Artha Dipa menegaskan bahwa dirinya adalah Wakil Bupati pendamping Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri secara sah sampai Februari 2021.

BACA JUGA:   Gerbong Dedengkot Golkar Jimbaran Kembali Gabung Golkar

Kedua, disebutkan bahwa dirinya bersama Mas Sumatri pada tanggal 18 Desember 2019, sama-sama mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati Karangasem periode 2021-2026 melalui Partai Golkar.

Ketiga, Artha Dipa menyebut bahwa dirinya pada tanggal 29 Desember 2019 telah mengembalikan formulir pendaftaran di Kantor DPD Partai Golkar Kabupaten Karangasem dan diterima oleh Tim Pilkada Partai Golkar Kabupaten Karangasem.

Keempat, dijelaskan bahwa IGA Mas Sumatri juga telah mengembalikan formulir pendaftaran pada tanggal 3 Januari 2020, sekaligus membawa bakal calon wakil bupati.

“(Kelima) Bahwa berhubung dengan uraian di atas, saya merasa kurang tepat berebut tiket/ rekomendasi yang sama dalam partai yang sama (Partai Golkar) manakala saya masih tetap melanjutkan tugas saya selaku Wakil Bupati sampai bulan Februari 2021,” tulis Artha Dipa, dalam Surat Pernyataan tersebut.

“(Keenam) Bahwa berdasarkan pertimbangan nomor satu sampai lima tersebut, maka dengan ini saya mundur dari pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Karangasem periode 2021-2026, dan menyatakan tidak akan mengikuti proses pencalonan selanjutnya yang dilaksanakan melalui Tim Pilkada Partai Golkar Kabupaten Karangasem,” lanjut Artha Dipa, dalam Surat Pernyataan yang dilengkapi meterai 6000 tersebut. (KI4)

Check Also

DPD RI Minta Revisi UU Pilkada Perhatikan Kekhususan Daerah

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) memandang UU Pilkada saat ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *