Home / Nusantara / Mantapkan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana, BPBD Bali Lakukan Ini
Suasana pertemuan BPBD dengan kelompok ahli pembangunan. (istimewa)

Mantapkan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana, BPBD Bali Lakukan Ini

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali melaksanakan pertemuan dengan kelompok ahli pembangunan, Dewa Parsana dan Gde Sudiartha, di Denpasar, Jumat (7/2/2020). Pertemuan dipimpin langsung Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Bali Made Rentin.

Menurut Rentin, pertemuan ini merupakan langkah awal untuk menyusun sinergi dalam mengatasi berbagai gangguan di Kantibmas dalam membangun Nangun Sat Kerthi Loka Bali, khususnya terkait penanggulangan bencana.

“Kita mengharapkan dapat melaksanakan pertemuan rutin setiap bulan dengan kelompok ahli, untuk membahas konsep bersama penanggulangan bencana di Bali,” ujar Made Rentin.

Pada kesempatan tersebut, ia menyampaikan beberapa potensi bahaya seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi/ tsunami, gunung meletus, dan kebakaran, yang merupakan bagian panca baya dalam konsep sistem pengamanan terpadu yang berbasis desa dan teknologi.

Sementara kelompok ahli pembangunan Dewa Parsana, mengatakan, sangat penting dalam menanggulangi panca baya ini. Menurut dia, kekuatan masyarakat sendiri yang mampu menyelesaikan masalah yang ada di lingkungannya, dengan kunci sinergi terbangun dengan baik dan diperkuat dengan optimalisasi teknologi.

Ia pun berharap, Sistem Pengamanan Bali Terpadu yang Berbasis Desa Adat dan Teknologi (Sipandu Beradat) mampu menjadi inspirasi dalam sinergi penanggulangan bencana di Bali. Pecalang dan masyarakat adat, diharapkan agar berlatih dan bersinergi sebagai ujung tombak dalam penanggulangan bencana demi terwujudnya pariwisata yang aman bencana. (KI4)

Check Also

Percepat Transaksi Secara Elektronik, Pemkot Denpasar Dukung Pembentukan TP2DD

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Untuk mempercepat sistem transaksi secara elektronifikasi dan digital di daerah-daerah, Bank Indonesia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *