Home / Peristiwa / Nasional / Manggarai Barat dan Ngada Dipilih Jadi Tempat Kampanye Gemarikan
Penyerahan bantuan paket ikan yang merupakan hasil kerja sama KKP dengan Komisi IV DPR RI kepada warga Persawahan Wae Bangka, Desa Siru, Kecamatan Lembor, Manggarai Barat. (kitaindonesia.com/itho umar)

Manggarai Barat dan Ngada Dipilih Jadi Tempat Kampanye Gemarikan

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) saat ini sedang menggalakkan kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Untuk Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur, KKP memilih Kabupaten Manggarai Barat dan Ngada sebagai tempat kampanye gerakan ini.

Dipilihnya kedua daerah ini bukan tanpa alasan. Salah satunya, laut di wilayah Flores merupakan salah satu dari sembilan titik terbesar tempat hidupnya ikan di Indonesia.

Untuk menandai gerakan ini, KKP bersama Komisi IV DPR RI melakukan Safari Gemarikan ke Persawahan Wae Bangka, Desa Siru, Kecamatan Lembor, Manggarai Barat, Senin (15/6/2020). Dalam safari tersebut, anggota Komisi IV DPR RI Julie Sutrisno bersama KKP, memberikan bantuan 50 paket ikan kepada warga setempat. Selain itu, anggota Fraksi NasDem DPR RI ini juga membagikan sebanyak 2.500 masker kepada masyarakat sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Terima kasih kepada Kementerian Perikanan dan Kelautan karena memilih Kabupaten Manggarai Barat sebagai salah satu kabupaten yang didorong agar masyarakat meningkatkan konsumsi ikan,” kata Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Manggarai Edistasius Endi, yang hadir mewakil Julie Sutrisno pada kesempatan tersebut.

“Dengan dipilihnya Manggarai Barat dan Ngada sebagai tempat kampanye Gemarikan, kita mendorong agar masyarakat semakin meningkatkan konsumsi ikan. Sebab, ikan mengandung banyak gizi,” imbuh Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat ini sembari menambahkan bahwa puncak Safari Gemarikan di Kabupaten Manggarai Barat akan dilaksanakan di Desa Momol dan Desa Tentang, Kecamatan Ndoso.

Sementara itu Erwin Dwiyana, yang hadir mewakili Dirjen Penguatan Daya Saing Produk KKP pada kesempatan tersebut menjelaskan, program Safari Gemarikan dilakukan sebagai bentuk kepedulian pemerintah dalam meningkatkan imunitas tubuh masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Kegiatan Safari Gemarikan dilaksanakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh masyarakat di tengah pandemi Covid-19,” tutur Erwin.

Ia menambahkan, program Safari Gemarikan ini diharapkan bisa menyerap produk ikan dari para nelayan dan pelaku UMKM.

“Saat ini banyak ikan tertumpuk di gudang. Karena itu, sebanyak 500 paket ikan segar dibagikan dalam kegiatan Safari Gemarikan di Manggarai Barat,” papar Erwin.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota Komisi IV DPR RI Julie Laiskodat, yang mendukung program pemerintah dalam gerakan memasyarakatkan makan ikan ini.

“Terima kasih kepada anggota Komisi IV DPR RI, Ibu Julie Sutrisno Laiskodat, selaku mitra pemerintah dalam menyukseskan program Safari Gemarikan,” ucapnya, dalam kegiatan yang juga dihadiri Ketua Forum Ikan Manggarai Barat Maria AM Dasuk, Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Manggarai Barat Yeremias Ontong, serta anggota Fraksi NasDem DPRD Manggarai Barat Beni Nurdin dan Vitus Usu, ini. (KI21)

Check Also

Presiden Jokowi: Infrastruktur di Labuan Bajo Sudah Lengkap, Saatnya Promosi Besar-besaran

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan infrastruktur di Labuan Bajo sudah lengkap. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *