Home / Nusantara / Mahasiswa Malang: Demi Keadilan, Dermaga Laboliang Harus Jalan Terus!
Mahasiswa asal Macang Pacar di Malang, Jawa Timur. (istimewa)

Mahasiswa Malang: Demi Keadilan, Dermaga Laboliang Harus Jalan Terus!

Malang (KitaIndonesia.Com) – Gonjang – ganjing pembangunan Dermaga Laboliang, di Desa Bari, Kecamatan Macang Pacar, Kabupaten Manggarai Barat, mendapat perhatian khusus dari mahasiswa di Malang, Jawa Timur, khusus yang berasal dari Macang Pacar. Mereka mendesak pembangunan dermaga niaga itu jalan terus, demi pemerataan dan keadilan bagi masyarakat di wilayah itu.

“Kami mengecam keras kebijakan pemerintah yang dikabarkan merubah lokasi pembangunan dermaga niaga yang semula bertempat di Laboliang, dan dipindahkan ke lokasi lain,” kata Andre Sutiawan, Ketua Mahasiswa Macang Pacar – Malang, saat ditemui di sela-sela kegiatan Kreba Futsal Cup 2019, di Lapangan Futsal Nicolas – Malang, beberapa waktu lalu.

Seharusnya, menurut dia, pemerintah mempertimbangkan aspek keadilan sosial saat membangun sarana infrastruktur. Pemilihan Laboliang sebagai lokasi pembangunan dermaga niaga tersebut sesungguhnya sudah tepat, jika berbicara soal aspek keadilan.

“Bila dermaga tersebut dibangun di Laboliang sesuai rencana awal, maka ini adalah jalan dibukanya isolasi di wilayah Macang Pacar,” tegas Andre.

Ia mengingatkan pemerintah, pembangunan jangan sampai terpusat di Labuan Bajo. Apalagi sampai memindahkan lokasi pembangunan dermaga niaga dari semula di wilayah Macang Pacar, ke daerah yang berlokasi dekat dengan pusat kota.

“Besar harapan kami, keputusan memindahkan lokasi pembangunan dermaga ditinjau ulang oleh pemerintah dengan mempertimbangkan akses pemerataan dan keadilan sosial. Alasan pemerintah memindahkan lokasi pembangunan dermaga ini hanya karena jangkauan dari ibu kota jauh, itu sangat mengada-ada,” ujarnya.

“Tugas pemerintah untuk memperbaiki infrastruktur. Apalagi jalur Pantura dikabarkan sedang dikerjakan. Biarkan Labuan Bajo fokus sebagai lokasi utama pariwisata premium, dan pembangunan dermaga niaga jalan terus di Laboliang, Bari,” pungkas Andre. (KI4)

Check Also

Loccal Collection Berbagi Kasih dengan Anak-anak Panti Asuhan di Labuan Bajo

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Loccal Collection Hotel Labuan Bajo menunjukkan kepeduliannya kepada sesama, dengan berbagi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *