Home / Pendidikan / LSPR Bekali Dosen untuk Hasilkan Publikasi Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat
Suasana pelatihan untuk para dosen yang digelar oleh LSPR. (istimewa)

LSPR Bekali Dosen untuk Hasilkan Publikasi Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Dalam menjalankan profesinya, seorang dosen memiliki kewajiban menjalankan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat atau yang lebih dikenal sebagai Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Hal ini perlu dilakukan tak semata untuk memenuhi kewajiban, tetapi juga dalam rangka meningkatkan keilmuan seorang dosen dan perkembangan ilmu sesuai bidang keahliannya.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR membekali para dosennya dengan pelatihan tentang kegiatan pengabdian masyarakat yang berujung pada publikasi artikel ilmiah untuk dimuat di prosiding konferensi, jurnal, buku, dan buku praktis.

Pelatihan tersebut diadakan pada tanggal 12 Agustus 2021. Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi yang berkesinambungan.

Sesi pertama, diadakan pada Pukul 09.00–12.00 WIB, dengan membahas topik “Pelatihan Luaran Publikasi Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dalam Bentuk Artikel Jurnal dan Artikel Prosiding”

Adapun sesi kedua pada pukul 14.00–17.00 WIB, dengan topik “Pelatihan Luaran Publikasi Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dalam Bentuk Buku dan Buku Praktis.”

Hadir sebagai pembicara pada sesi pertama adalah Prof Dr Rajab Ritonga, MSi, Guru Besar LSPR dan Pendiri Asosiasi Jurnal Pengabdian Masyarakat (AJPKM). Ia menjelaskan mengenai publikasi ilmiah, khususnya jurnal yang menjadi luaran pengabdian kepada masyarakat.

Pembicara selanjutnya adalah Dr Uwes Fatoni, anggota Dewan Pengawas Asosiasi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, yang memberikan tips dan trik agar artikel ilmiah yang dibuat dapat dimuat di jurnal atau luaran publikasi lainnya. Sesi ini dimoderatori oleh Rani Chandra Oktaviani, MSi, Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat LSPR.

Selanjutnya dimoderatori oleh Xenia Angelica Widjayanto, MSi, Kepala Pusat Publikasi LSPR, sesi kedua menghadirkan tiga narasumber. Pembicara pertama adalah Prof Ir Teddy Mantoro, PhD, SMIEE, Guru Besar Universitas Sampoerna, yang memaparkan secara rinci tentang langkah-langkah dalam membuat artikel jurnal.

Pembicara kedua adalah Hj Laili Rahayuwati, MKes, MSc, PhD, Manajer Riset, PPM dan Inovasi Universitas Padjajaran, yang turut membagikan pengalamannya serta tips dalam membuat buku sebagai hasil dari pengabdian masyarakat.

Pembicara terakhir adalah Zainuddin Muda Z Monggilo, SIKom, MA dari Universitas Gadjah Mada, yang memberikan inspirasi dalam presentasinya tentang buku-buku praktis yang telah berhasil diterbitkan dan menjadi panduan untuk menjawab tantangan yang ada di masyarakat.

Ia turut menantang para dosen LSPR untuk bekerja lebih keras lagi dalam menghasilkan publikasi ilmiah melalui kolaborasi dengan sesama dosen, mahasiswa, atau komunitas baik dalam lingkup internal LSPR maupun antarlembaga dan antarperguruan tinggi.

Kegiatan ini dibuka oleh Dr Rudi Sukandar, Direktur Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LPPPM) LSPR dan ditutup oleh Dr Lestari Nurhajati, Wakil Rektor IV Bidang Inovasi dan Bisnis LSPR. (KI-01)

Check Also

Kebun Indonesia Raya Gelar Kelas Kreatif Bagi Anak-Anak

Karangasem (KitaIndonesia.Com)– Kebun Indonesia Raya Karangasem – Bali menggelar Kelas Kreatif bagi anak-anak Kampung Ujung, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *