Home / Nusantara / Loka POM Manggarai Barat Sita Produk Pangan Kedaluwarsa dan Tanpa Izin Edar
Petugas Loka POM Manggarai Barat bersama tim gabungan saat mengelar operasi OPSON di salah satu lokasi Labuan Bajo. (kitaindonesia/itho umar)

Loka POM Manggarai Barat Sita Produk Pangan Kedaluwarsa dan Tanpa Izin Edar

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Loka Pengawas Obat dan Makanan (Loka POM) Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), menggelar operasi OPSON atau operasi global di bawah koordinasi International Criminal Police Organization (ICPO) – Interpol, di Labuan Bajo, Kamis (25/3/2021) sampai dengan Jumat (26/3/2021).

Operasi ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memberantas jaringan kejahatan terorganisir di balik perdagangan pangan segar dan pangan olahan ilegal, atau tidak memenuhi persyaratan.

Menurut Kepala Loka POM Kabupaten Manggarai Barat Andirusmin Nuryadin, STP, dalam operasi yang berlangsung selama dua hari ini pihaknya berhasil mengamankan ratusan produk pangan kedaluwarsa serta tidak memiliki izin edar. Barang yang disita bernilai ratusan juta rupiah.

“Dari beberapa lokasi yang kami datangi, ternyata banyak produk pangan yang sudah kedaluwarsa dan tidak ada izin edar, yang jika ditotal bernilai ratusan juta rupiah,jelas Nuryadin, di Labuan Bajo, Jumat (26/3/2021).

Adapun produk-produk yang diamankan tersebut ditemukan di tiga lokasi, masing-masing dua lokasi distribusi dan satu lokasi produksi yang semuanya berada di dalam Kota Labuan Bajo.

Nuryadin menyebut, dari operasi OPSON ke-9 ini pihaknya banyak menemukan produk pangan atau jenis makanan yang berasal dari olahan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Manggarai Barat yang sudah lama beredar di masyarakat. Secara kualitas dan legalita, produk dimaksud tidak memenuhi standar.

“Kami banyak menemukan makanan yang bersal dari olahan UMKM  masyarakat lokal yang tidak memenuhi kualitas dan legalitas yang ada. Selama ini barang-barang tersebut sudah banyak beredar di masyarakat umum, beber Nuryadin.

Barang – barang temuan tersebut langsung diamankan ke Kantor Loka POM Manggarai Barat. Selanjutnya, akan melakukan pendampingan kepada kepada pemilik produk, agar memenuhi standar sehingga layak untuk didistribusi kepada masyarakat.

Dalam operasi tersebut, Loka POM Manggarai Barat diperkuat personel dari Polres Mabar, Satpol PP, Dinas Perindagkop, Bea Cukai dan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Manggarai Barat. (KI-05)

Check Also

Enam Napi Rutan Negara Dipindahkan ke Lapas Karangasem

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Sebanyak enam narapidana (Napi) kasus pidana umum di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *