Home / Nusantara / Legislator: Seluruh Pekerja Migran yang Sudah Tiba di Bali Harus Dikarantina
Anggota DPD RI I Nyoman Parta dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Bali I Nyoman Sugawa Korry. (istimewa)

Legislator: Seluruh Pekerja Migran yang Sudah Tiba di Bali Harus Dikarantina

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Penanganan pekerja migran yang tiba di Bali melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kabupaten Badung, Minggu (22/3/2020) malam, simpang siur. Sebagian pekerja migran ini dikabarkan kembali ke rumah masing-masing tanpa melalui proses karantina.

Situasi ini mendapat perhatian khusus dari para legislator, seperti anggota Fraksi PDIP DPR RI Dapil Bali I Nyoman Parta dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Bali I Nyoman Sugawa Korry. Mereka menyarankan seluruh pekerja migran yang baru datang ini agar segera dikarantina sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona jenis baru atau Covid-19.

“Berkaitan dengan simpang siur urusan¬† penanganan pekerja migran, saya usulkan untuk dikarantina semuanya,” kata Nyoman Parta, yang juga anggota Komisi VI DPR RI, kepada kitaindonesia.com di Denpasar, Senin (23/3/2020).

Menurut politikus PDIP asal Guwang, Sukawati, Gianyar itu, pada prinsipnya lebih baik mencegah daripada mengobati. Nyoman Parta berkeyakinan, tidak ada pihak keluarga yang akan keberatan jika para pekerja migran ini dikarantina.

“Keluarga juga pasti mendukung. Karena ini untuk kebaikan kita semua,” tandas Nyoman Parta, yang juga mantan Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bali.

Terkait tempat karantina, ia memastikan tidak akan kekurangan. Pasalnya, fasilitas pemerintah cukup banyak. Selain itu, hotel – hotel saat ini sedang sepi dan bisa disewa.

“Saya juga telah mengusulkan agar hotel – hotel milik BUMN bisa dipakai sebagai fasilitas untuk karantina. Urusan makan dan minum saya yakin kita tidak kekurangan. Jika pemerintah kewalahan, kita bisa gotong – royong bersama keluarga,” tutur Nyoman Parta.

Secara terpisah, Wakil Ketua DPRD Provinsi Bali I Nyoman Sugawa Korry juga mendorong agar para pekerja migran yang baru tiba di Bali dikarantina. Karantina bisa dilakukan di fasilitas yang disiapkan pemerintah, atau bisa melakukan karantina secara mandiri.

“Informasi yang kami terima, mereka (para pekerja migran, red) sudah membawa surat keterangan sehat dan dicek oleh tim juga sehat. Tetapi saran saya, mereka harus juga di rumah masing-masing melakukan karantina mandiri selama 14 hari,” kata Sugawa Korry, yang juga Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali. (KI4)

Check Also

Muscablub Pemuda Pancasila Karangasem, Sujanayasa Terpilih Aklamasi Jadi Ketua

Karangasem (KitaIndonesia.Com) – Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Karangasem menggelar Musyawarah Cabang Luar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *