Home / Figur / Lebih Dekat dengan Yohanis Manibuy, Bakal Calon Wakil Bupati Teluk Bintuni
Yohanis Manibuy. (istimewa)

Lebih Dekat dengan Yohanis Manibuy, Bakal Calon Wakil Bupati Teluk Bintuni

Bintuni (KitaIndonesia.Com) – Anis, begitu ia akrab disapa. Lahir di Abepura 37 tahun lalu, tepatnya 13 Juli 1982, Anis memiliki nama baptis Yohanis Manibuy.

Kini, nama Anis masuk dalam daftar salah satu pemuda yang akan bertarung pada Pilkada Teluk Bintuni 2020 mendatang. Ia tampil sebagai bakal calon wakil bupati, mendampingi Bakal Calon Bupati Teluk Bintuni, Ali Ibrahim Bauw.

Kabarnya, pasangan Ali Ibrahim Bauw dan Yohanis Manibuy yang dikenal sebagai Paket AYO ini akan diusung Partai Golkar bersama PPP. Paket AYO disiapkan untuk menantang incumbent di Pilkada Teluk Bintuni 2020.

Yohanis Manibuy bersama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (istimewa)

Lalu seperti apa jejak Anis? Sosok milenial ini mengenyam pendidikan di SD YPPK Gembala Baik – Abepura (1989-1995), SMP YPPK Abepura (1995-1998), serta SMA Sawahan – Surabaya (1998-2001). Sempat bekerja di beberapa perusahaan, Anis kemudian duduk sebagai Komisaris PT Mitra Anugerah Jaya hingga kini.

Di politik, suami dari Verawati Pannieragow itu memulainya dari bawah. Namun karir ayah empat anak ini terhitung cukup manis di Partai Golkar.

Selama dua periode, 2013-2018 dan 2018-2023, Anis didaulat menjadi Ketua DPD AMPI Teluk Bintuni. Ia bahkan dipercaya sebagai Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Teluk Bintuni masa bakti 2018-2023.

Dengan posisi saat ini, Anis layak diperhitungkan dalam Pilkada Teluk Bintuni 2020 mendatang. Apalagi ia menggandeng mantan birokrat kawakan, Ali Ibrahim Bauw. Pasangan ini mengusung Visi “Terwujudnya Masyarakat Teluk Bintuni yang Cerdas, Mandiri, Berkeadilan dan Lestari”.

Pasangan Ali Ibrahim Bauw dan Yohanis Manibuy. (istimewa)

Untuk mewujudkan visi ini, Paket AYO menyiapkan lima (5) misi serta delapan (8) prioritas pembangunan. Kelima misi dimaksud antara lain, pertama,  penerapan good governance dan penataan kelembagaan yang berorientasi pada pelayanan publik melalui sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Kedua, peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan yang berkeadilan, menuju masyarakat Teluk Bintuni cerdas. Ketiga, pengembangan dan pemerataan infrastruktur serta konektivitas antar wilayah yang mendukung pertumbuhan sektor riil dan pelayanan publik berbasis penataan ruang.

Keempat, pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal, berorientasi kebutuhan pasar, dan mendukung industri yang memberikan multiplier effect serta trickledown effect bagi masyarakat. Kelima, melestarikan nilai-nilai adat istiadat/ kearifan lokal dan lingkungan hidup dengan memaksimalkan peran adat dan agama yang bersendikan tiga pilar pembangunan Teluk Bintuni.

Untuk mendukung visi dan misi ini, Paket AYO menyiapkan delapan prioritas pembangunan. Pertama, peningkatan sumber daya manusia aparatur sipil negara dan masyarakat melalui beasiswa pendidikan “Teluk Bintuni Cerdas”. Kedua, affirmative action dalam bentuk “Otsus Card” bagi orang asli Papua.

Ketiga, e-government terintegrasi. Keempat, konektivitas antar wilayah. Kelima, pembangunan berbasis kampung dan distrik. Keenam, pengembangan agroindustri. Ketujuh, peningkatan PAD. Kedelapan, penguatan kapasitas Lembaga Masyarakat Adat. (KI4)

Check Also

Ingin Jadi Advokat Handal, Putu Yasa Bergabung di Law Firm Togar Situmorang

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – I Putu Sukayasa Nadi, SH, merupakan salah satu advokat muda yang bergabung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *