Home / Hukum / Law Firm Togar Situmorang Menangkan Gugatan Wanprestasi di PN Denpasar

Law Firm Togar Situmorang Menangkan Gugatan Wanprestasi di PN Denpasar

KitaIndonesia.Com – Law Firm Togar Situmorang kembali menorehkan catatan cemerlang. Pada Rabu, 11 Mei 2022, Law Firm yang didirikan Advokat Dr Togar Situmorang, SH, MH, MAP, CMed, CLA, ini kembali memenangkan perkara di Pengadilan.

Kali ini, Law Firm Togar Situmorang berhasil memenangkan perkara Gugatan Perdata Nomor 973 terkait wanprestasi atau gagal janji, di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar.

Menurut Togar Situmorang, kasus ini bermula dari kesepakatan antara Mr Wally (WNA) dengan Mr Hong terkait pembuatan lima (5) unit rumah kayu di Lembeng, Desa Ketewel, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

Sesuai kesepakatan yang tertuang dalam invoice nomor 00356 tertanggal 22 Agustus 2017 Rp 2.400.000.000 (dua miliar empat ratus juta rupiah), akan diselesaikan oleh pihak Mr Hong pada September 2018. Namun ternyata tidak selesai bahkan fisik bangunan tidak terlihat.

Di sisi lain, pihak Mr Wally telah melakukan pembayaran atas 5 rumah kayu yang dibelinya secara berkala sebanyak 8 (delapan) kali dengan total pembayaran mencapai Rp 1.673.876.000 (satu miliar enam ratus tujuh puluh tiga juta delapan ratus tujuh enam ribu rupiah).

Lantas setelah tidak ada penyelesaian, pada tanggal 13 Januari 2018 Mr Hong membuat surat pernyataan bahwa telah mengakui menerima pembayaran dari Mr Wally sebanyak Rp1.606.876.000 (satu miliar enam ratus enam juta delapan ratus tujuh puluh enam rupiah) untuk membangun 5 rumah kayu di daerah Lembeng.

Dalam surat pernyataan tersebut, apabila Mr Hong tidak bisa menyelesaikan pembangunan lima rumah kayu tersebut maka sebagai ganti dari telah menerima uang dari Mr Wally adalah akan memberikan tanah plus bangunan seluas lebih kurang empat ribu meter persegi bersertifikat Nomor 03849 atas nama Hong dengan IMB Nomor 368 Tahun 2004 yang dikenal dengan sebutan Villa Sana secara cuma cuma dan gratis seketika kepada Mr Wally.

Karena melihat gelagat yang tidak baik, Mr Wally akhirnya memilih meminta bantuan hukum ke Law Firm Togar Situmorang.

Selanjutnya, Law Firm Togar mengirimkan Somasi tertanggal 25 Agustus 2021. Namun Mr Hong tidak mengindahkan.

“Jadi jelas tampak sikap tidak kooperatif dengan tidak menunjukan itikad tidak baik untuk menyelesaikan permasalahan hukum secara musyawarah,” kata Togar Situmorang.

Law Firm Togar Situmorang akhirnya melayangkan gugatan di PN Denpasar yang terdaftar dengan Nomor Gugatan: 973/ Pdt.G 2021/ Pn Dps tertanggal 6 Oktober 2021 untuk mendapatkan kepastian hukum terkait dana yang telah diterima Mr Hong.

Setelah memperoleh proses yang panjang, akhirnya gugatan wanprestasi atau gagal janji tersebut sudah mendapatkan Putusan. Ketua Majelis Hakim PN Denpasar telah mengabulkan gugatan wanprestasi atau gagal janji pihak Tergugat Mr Hong.

“Terkait dana yang telah diterima Mr Hong, wajib dikembalikan kepada Mr Wally sebesar Rp1.606. 876.750 dan Invoice 00356 tertanggal 22 Agustus 2017 yang dikeluarkan Mr Hong itu sah dan telah berjalan lancar dan profesional serta sudah sesuai dengan koridor hukum yang ada,” ujar Togar Situmorang.

Law Firm Togar Situmorang pun bangga atas keberhasilan dalam menangani perkara gugatan wanprestasi ini.

“Klien kami Mr Wally sangat bersuka cita dan mengucapkan terima kasih atas hasil gugatan wanprestasi di PN Denpasar, di mana hak sebagai Warga Negara Asing saat mencari keadilan di Kota Denpasar berjalan sesuai aturan hukum dan telah memberikan kepuasan juga keyakinan bahwa keadilan dalam hukum di Indonesia sangat profesional,” tutur Togar Situmorang.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Majelis Hakim Perkara Nomor 973. Ke depan diharapkan Tergugat Mr Hong taat menjalani putusan PN Denpasar ini,” imbuh Doktor Ilmu Hukum Universitas Udayana ini.

Selain gugatan perdata, Mr Wally juga melalui istrinya May juga telah melaporkan kasus pidana terhadap Mr Hong terkait lahan di Lembeng, karena ternyata milik seorang mantan Sekda Gianyar. Proses hukum pidana tersebut masih berjalan di Polsek Denpasar Timur.

“Semoga dengan ada putusan PN Denpasar, diharapkan pihak aparat kepolisian segera bisa melakukan gelar untuk menentukan proses hukum pidana itu selanjutnya,” pungkas pemilik Law Firm Firm Togar Situmorang yang berkantor di Jalan Raya Gumecik Gg Melati Nomor 8, By Pass Prof IB Mantra, Ketewel; Jalan Teuku Umar Barat Nomor 10, Krobokan; Jalan Pejaten Raya Nomor 78, RT 6/5 Pejaten Barat, Pasar Minggu; serta Jalan Terusan Jakarta Nomor 181 Ruko Harmoni Kav 18, Antipani, Bandung ini. (KI-01)

Check Also

Polsek Denbar Jaga Kamtibmas

Denpasar – Kita Indonesia, Sebagai upaya mencegah kejahatan jalanan diakhiri pekan khususnya dimalam Minggu adalah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *