Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Gde Sumarjaya Linggih. (istimewa)

Kunjungan Wisman Melorot, Demer: Turunkan Harga Tiket ke Daerah Wisata!

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Ancaman virus corona terus mengkhawatirkan. Kondisi ini membawa dampak buruk bagi industri pariwisata. Pasalnya, kunjungan wisatawan mancanegara ke daerah-daerah wisata menurun drastis, tak terkecuali ke Bali.

Hal ini mendapat perhatian khusus dari Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Gde Sumarjaya Linggih alias Demer. Politikus Partai Golkar asal Bali ini bahkan menyampaikan beberapa usulan kepada pemerintah, dalam rapat dengan Arya Sinulingga, Staf Khusus Menteri BUMN, Jumat (7/2/2020) lalu.

Menurut dia, wabah virus corona membuat para pelancong dari berbagai negara enggan bepergian. Kondisi tersebut membuat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara melorot tajam beberapa bulan terakhir.

“Isu virus corona telah membuat semua orang takut bepergian. Akibatnya, ada penurunan yang sangat drastis terhadap kunjungan wisatawan mancanegara, tak terkecuali ke Indonesia,” tutur Demer, di Denpasar, Minggu (9/2/2020).

“Karena itu dalam rapat dengan Staf Khusus Menteri BUMN, Jumat kemarin, saya menyampaikan beberapa usulan. Pihak Kementerian menyanggupi untuk meneruskan usulan tersebut,” lanjut Plt Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali itu.

Setidaknya, ada dua usulan penting yang dilontarkan Demer dalam rapat tersebut dalam rangka mendorong peningkatan kunjungan wisatawan nusantara ke daerah – daerah wisata di Tanah Air.

Pertama, untuk mendorong peningkatan kunjungan wisatawan nusantara, maka maskapai penerbangan diharapkan menurunkan harga tiket pesawat ke daerah-daerah wisata.

“Airlines harus turunkan harga tiket ke daerah – daerah wisata. Ini akan membantu peningkatan kunjungan wisatawan nusantara ke daerah wisata, di tengah menurunnya kunjungan wisatawan mancanegara,” jelas Demer.

Kedua, Demer mengusulkan agar rapat – rapat Kementerian atau BUMN bisa dilaksanakan di daerah-daerah wisata, khususnya Bali. Dengan begitu, industri pariwisata tidak akan mengalami guncangan hebat akibat merebaknya virus corona.

“Dampak ekonomi virus corona sangat berat untuk daerah-daerah wisata. Karena itu, selain meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara, rapat – rapat Kementerian atau BUMN harus dilaksanakan di daerah-daerah wisata,” pungkas anggota Fraksi Golkar DPR RI ini. (KI4)

Check Also

Laksmi Shari dari Bali Terpilih Sebagai Puteri Indonesia 2022

KitaIndonesia.Com – Laksmi Shari De Neefe Suardana terpilih sebagai Puteri Indonesia 2022 setelah menyisihkan puluhan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *