Home / Peristiwa / Nasional / KRI Nanggala Tenggelam dan 53 Prajurit Gugur, Togar Situmorang: Mereka Adalah Pahlawan Bangsa
Advokat senior Togar Situmorang, SH, MH, MAP, CMed, CLA. (istimewa)

KRI Nanggala Tenggelam dan 53 Prajurit Gugur, Togar Situmorang: Mereka Adalah Pahlawan Bangsa

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Masyarakat Indonesia kembali berduka, setelah kapal selam KRI Nanggala-402 dipastikan tenggelam di perairan utara Bali. KRI Nanggala karam pada kedalaman 838 meter di bawah permukaan laut, dan terbelah menjadi tiga bagian.

Menurut laporan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, sebanyak 53 prajurit TNI Angkatan Laut di KRI Nanggala-402 dinyatakan gugur dalam peristiwa naas ini.

Kabar duka tersebut tentu menambah rasa pilu bagi masyarakat Indonesia, di tengah pandemi Covid-19 yang belum berlalu. Seluruh masyarakat Indonesia pun menyatakan duka cita mendalam atas kejadian ini, termasuk advokat senior Togar Situmorang, SH, MH, MAP, CMed, CLA.

“Kami menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya dan memberikan rasa hormat yang setinggi-tingginya kepada para prajurit TNI AL sebagai Kusuma Bangsa. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan,” kata Togar Situmorang, di Kantor Law Firm Togar Situmorang, Jalan Kemang Selatan Raya Nomor 99, Gedung Piccadilly, Jakarta, Senin 26 April 2021.

Menurut dia, para prajurit tersebut ‘on eternal patrol (tugas yang tidak kembali lagi) karena subsunk (kapal selam yang dinyatakan tenggelam).

Para prajurit tersebut tidak mati karena mereka memulai misi terakhir untuk menjaga lautan selamanya. Selamat jalan Patriot Bangsa. Nagabaswara Jalayudha pamungkas tabah sampai akhir. Jalesveva Jayamahe,” ucapnya.

Para prajurit tersebut adalah pahlawan bangsa yang tenggelam dalam menjalankan tugas yang mulia yaitu menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Seluruh awak kapal selam KRI Nanggala 402 adalah pahlawan bangsa yang telah memastikan keamanan kedaulatan maritim nusantara dari berbagai ancaman,” ujar advokat asal Jakarta, yang sering disapa “Panglima Hukum” ini.

“Mari mengheningkan cipta untuk mereka, para awak KRI Nanggala 402 yang telah tenggelam dalam menjalankan tugas. Kepada keluarga korban, mari kita doakan agar diberikan kekuatan, ketabahan, dan kesabaran dalam menghadapi cobaan ini,” pungkas CEO & Founder Law Firm Togar Situmorang yang berkantor pusat di Jalan Tukad Citarum Nomor 5A, Renon, Denpasar Selatan, serta cabang di Denpasar dan Jalan Raya Pengalengan Nomor 355, Bandung ini. (KI-33)

Check Also

Marak Praktik Pungli, Togar Situmorang Apresiasi Langkah Cepat Presiden Jokowi

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Polisi mengamankan 49 orang pelaku pungutan liar (pungli) terhadap para sopir truk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *