Home / Peristiwa / Nasional / Komisi IX DPR RI Dorong BLK Hospitality Diprioritaskan di Labuan Bajo
Komisi IX DPR RI bersama Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi saat kunjungan kerja pada 12 April 2021. (kitaindonesia/san edison)

Komisi IX DPR RI Dorong BLK Hospitality Diprioritaskan di Labuan Bajo

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Pemerintah berencana untuk membuka Balai Latihan Kerja (BLK) di sektor mesin dan perbengkelan di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hanya saja rencana pemerintah ini dipandang tidak sesuai dengan kebutuhan Labuan Bajo sebagai destinasi pariwisata super premium. Kebutuhan utama Labuan Bajo justru penguatan sektor hospitality.

“Bicara soal BLK, sesungguhnya untuk AC, mesin, bengkel, belum terlalu urgen untuk Labuan Bajo,” kata anggota Komisi IX DPR Rl Dr H Saleh Partaonan Daulay, MAg, MHum, MA, disela-sela dialog Komisi IX DPR RI bersama mitra kerja dengan Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dan jajaran, di Aula Kantor Bupati Manggarai Barat, di Labuan Bajo, belum lama ini.

Yang penting bagi Labuan Bajo, imbuhnya, adalah terkait hospitality yakni kegiatan yang berhubungan dengan keramah-tamahan, pelayanan, dan hiburan bagi wisatawan.

“Jadi yang paling penting itu bagaimana menyapa tamu, bagaimana senyum kepada tamu, bagaimana menyajikan kopi kepada tamu, bagaimana membuat tamu nyaman dan menikmati liburannya di Labuan Bajo,” ujar Saleh Partaonan Daulay.

Ia mengingatkan bahwa dengan perkembangan sejauh ini, Labuan Bajo ke depan akan menjadi destinasi wisata internasional yang paling banyak diminati.

“Karena itu selain menata infrastruktur pendukung pariwisata, saya sarankan agar prioritaskan sektor hospitality ini,” tegas Saleh Partaonan Daulay, yang juga Ketua Fraksi PAN DPR Rl ini.

Pada kesempatan tersebut, ia juga mendorong pemerintah untuk memprioritaskan program vaksinasi Covid-19 di Labuan Bajo.

“Labuan Bajo ini juga wisatawannya banyak. Mestinya di sini juga diprioritaskan untuk program vaksinasi. Masa di Pulau Komodo itu, baru satu orang yang sudah divaksin. Itu pun ranger,” pungkas Saleh Partaonan Daulay. (KI-01)

Check Also

Rencana Bali Dibuka Bagi Wisman, Jamaruli Manihuruk: Petugas Imigrasi Selalu Siap di Lapangan

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Pemerintah berencana membuka pintu bagi kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Indonesia. Sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *