Home / Peristiwa / Nasional / KMHDI Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana NTT
Ketua Departeman Sosial Kemasyarakatan PP KMHDI Deni Krisnandi dan jajaran saat menyalurkan bantuan di Desa Failuka, Kabupaten Malaka, NTT. (istimewa)

KMHDI Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana NTT

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Bencana alam yang terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Jawa Timur beberapa waktu lalu merenggut banyak korban jiwa serta menyebabkan kerugian material yang tak sedikit.

Kondisi ini mengundang keprihatinan seluruh anak bangsa, termasuk Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI). Sebagai bentuk kepedulian, KMHDI melakukan pengumpulan donasi dan bantuan melalui kegiatan KMHDI Peduli.

Setelah dikumpulkan, bantuan tersebut kemudian disalurkan kepada para korban bencana di tiga daerah itu. Khusus untuk NTT, penyaluran bantuan dilakukan pada tanggal 8 Mei 2021.

Menurut Ketua Presidium PP KMHDI I Putu Yoga Saputra, penyaluran bantuan ini merupakan bentuk konsistensi KMHDI dalam menjalankan dharma agama dan dharma negara. Ini sekaligus menunjukkan jati diri humanis dari KMHDI.

“Ini merupakan kepedulian kami terhadap saudara-saudara kami yang sangat mengalami kesusahan dalam musibah yang tidak diinginkan,” tutur Yoga Saputra, dalam keterangan resmi PP KMHDI, di Jakarta, Selasa 11 Mei 2021.

Khusus penyaluran bantuan ke NTT, dipimpin langsung oleh Ketua Departeman Sosial Kemasyarakatan PP KMHDI Deni Krisnandi. Bersama pengurus dan kader KMHDI di NTT, Deni Krisnandi menyalurkan bantuan di Desa Failuka, Kabupaten Malaka, NTT, yang memiliki jarak tempuh perjalanan hampir 19 jam dari Kota Kupang.

“Kondisi beberapa jalan menuju lokasi cukup ekstrem. Perjalanan dilakukan dari tanggal 7 Mei Pukul 20.00 Wita dan tiba di lokasi tanggal 8 Mei Pukul 15.00 Wita,” papar Deni Krisnandi.

Di lokasi tersebut, KMHDI menyerahkan bantuan berupa sembako, peralatan mandi, air mineral, dan lainnya.

“Kami juga menghibur anak-anak (mental healing). Ini kami lakukan untuk memperbaiki kondisi mental anak-anak di sana, yang telah mengalami bencana,” ujar Deni Krisnandi.

Kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat Desa Failuka. Mereka sangat berterimakasih atas kehadiran KMHDI yang kedua kalinya ke desa ini. Sebelumnya, KMHDI NTT juga melakukan kegiatan di Failuka.

“Kami sangat berterimakasih atas kepedulian adik-adik KMHDI. Bantuan yang disalurkan sangat berguna bagi kami karena masyarakat sedang mengalami gagal panen dan juga stok pangan yang tersedia tidak mencukupi untuk kebutuhan sampai akhir tahun,” kata Koordinator Posko Desa Failuka, Nm Videlis.

Untuk diketahui, kegiatan KMHDI Peduli serupa juga sudah dilakukan bersama kader KMHDI se-Jawa Timur di Desa Pronojiwo, Lumajang, yang terkena musibah gempa beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, KMHDI juga akan segera menyalurkan bantuan ke Kabupaten Bima, NTB, yang juga terdampak banjir bandang seperti yang dialami masyarakat NTT. (KI-33)

Check Also

Work From Bali Akan Diluncurkan Juli 2021

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Kebijakan Work From Bali (WFB) akan diluncurkan pada kuartal ketiga atau Juli …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *