Home / Pemerintahan / KKP Gelar Safari Gemarikan di Kelurahan Serangan
Sekjend KKP RI Antam Novambar, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Nilanto Perbowo, Wakil Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara, saat pelaksanaan Safari Gemarikan di Kelurahan Serangan. (istimewa)

KKP Gelar Safari Gemarikan di Kelurahan Serangan

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI menggelar Safari Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) di Kelurahan Serangan, Kota Denpasar, Jumat (24/7/2020). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk terus mendukung produktifitas sektor perikanan di ibu kota Provinsi Bali itu.

Kegiatan yang juga dirangkaikan dengan penyerahan bantuan paket olahan ikan kepada masyarakat ini dihadiri langsung oleh Sekjen KKP RI Antam Novambar, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Nilanto Perbowo, Wakil Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara serta masyarakat Kelurahan Serangan.

“Kehadiran kami di Provinsi Bali, selain untuk melaksanakan tugas dalam mendukung bergeraknya sektor kelautan dan perikanan, juga untuk memastikan bahwa ekonomi terus bergerak,” kata Sekjend KKP RI Antam Novambar, dalam sambutannya.

Berbagai kegiatan pemerintah pusat yang dilaksanakan, imbuhnya, diharapkan mampu terserap dengan baik di masyarakat.

“Kelautan dan Perikanan merupakan sektor penting pertumbuhan ekonomi Indonesia, di mana saat ini komoditi ekspor sektor perikanan masih mendominasi, sehingga diharapkan dapat memberikan stimulus ekonomi di tengah pandemi Covid-19 ini,” ucapnya.

Sementara Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Nilanto Perbowo menambahkan bahwa tingkat konsumsi ikan di Bali saat ini mencapai 33 persen lebih. Ini harus terus ditingkatkan, sekaligus untuk mendukung produktifitas nelayan.

“Pelaksanaan Safari Gemarikan ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung produktifitas nelayan pesisir. Hal ini dilaksanakan dengan membeli hasil tangkapan nelayan lokal, yang selanjutnya diolah menjadi komoditi perikanan yang lebih tahan lama,” ujarnya.

“Kami sangat memahami bahwa di tengah pandemi global ini, banyak hasil tangkapan nelayan yang tidak terbeli, sehingga kami merancang inovasi untuk membeli hasil tangkapan dan kami kembalikan ke masyarakat dalam bentuk bantuan pangan. Saat ini telah diserahkan 500 paket olahan ikan, dan kami mengajak nelayan agar terus berproduksi,” imbuh Nilanto.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara mengucapkan terimakasih atas dukungan Kementerian Kelautan dan Perikanan terhadap nelayan lokal di Kota Denpasar. Sejalan dengan program pusat, Pemkot Denpasar berharap nelayan tetap produktif.

Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan konsumsi ikan. Hal ini mengingat kandungan gizi yang ada dalam ikan sangat baik dalam mendukung tumbuh kembang anak, kecerdasan otak, serta yang terpenting menjaga imunitas tubuh di masa pandemi Covid-19 ini.

“Pada intinya nelayan harus produktif dan terus berproduksi, sehingga roda perekonomian serta ketahanan pangan dapat dijaga stabilitasnya. Khusus bagi masyarakat, tentu diharapkan meningkatkan konsumsi ikan untuk menjaga kesehatan, mendukung tumbuh kembang, mencegah stunting dan menjaga imunitas tubuh, terlebih di masa pandemi Covid-19 ini,” ajak Jaya Negara. (KI-02)

Check Also

Pembangunan Pelabuhan Penyeberangan Laut Sanur Resmi Dimulai

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Proyek pengembangan infrastruktur Pelabuhan Penyeberangan Laut Sanur, Kota Denpasar, secara resmi dimulai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *