Home / Pendidikan / KKN di Desa Gorontalo, Mahasiswa Undana Berpartisipasi dalam Festival Desa Binaan Bank NTT
Mahasiswa Undana Kupang yang sedang melaksanakan KKN di Desa Gorontalo, bersama dokter dan camat Komodo. (istimewa)

KKN di Desa Gorontalo, Mahasiswa Undana Berpartisipasi dalam Festival Desa Binaan Bank NTT

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Tiga mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Gorontalo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, 31 Mei 2021 sampai dengan 30 Juni 2021. 

Ketiganya adalah Paulus Yogi Saputra, Efariska Elfrida Diani, dan Maria Dolorosa Astriani Syukur. Mereka didampingi Maria Agnes Etty Dedi, dosen Undana Kupang.

“Selama sebulan mereka di Desa Gorontalo. Kami berharap, KKN yang berlangsung selama satu bulan ini dapat memberikan kontribusi yang banyak, baik bagi masyarakat maupun bagi para mahasiswa,” kata Maria Agnes Etty Dedi, kepada kitaindonesia.com di Labuan Bajo, Sabtu 12 Juni 2021.

Ia pun menjelaskan beberapa kegiatan mahasiswa dampingannya selama berlangsungnya KKN. Salah satunya adalah berpartisipasi dalam ajang Festival Desa Binaan Bank NTT yang digelar di Desa Gorontalo, Kamis 10 Juni 2021.

“Kami bersyukur, karena bisa terlibat pada Festival Desa Binaan Bank NTT,” tutur Maria Agnes.

Festival Desa Binaan Bank NTT ini merupakan upaya pelestarian adat, budaya sekaligus mewariskan kekayaan intelektual dalam bentuk karya seni kepada generasi masa depan serta meningkatkan perekonomian di tingkat desa.

Adapun tema KKN Undana semester ganjil tahun 2020/2021 adalah ‘Meningkatkan Kepedulian Civitas Akademika Universitas Nusa Cendana dalam Upaya Pencegahan Penularan Covid-19 pada Masyarakat Desa Gorontalo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat’.

“Kami sengaja memilih tema ini, dengan harapan agar melalui kehadiran dan peran mahasiswa KKN diharapkan bersama masyarakat kita perangi Covid-19,” jelas Maria Agnes.

Kehadiran mahasiswa KKN di tengah masyarakat, imbuhnya, selain bertujuan meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa, diharapkan para mahasiswa juga mampu bersama masyarakat menggalakkan berbagai upaya pencegahan Covid-19.

“Kehadiran mereka (mahasiswa KKN) harus memberi dampak yang signifikan bagi masyarakat, terutama upaya-upaya pencegahan penyebaran Covid-19 seperti halnya kampanye menjaga kebersihan lingkungan, tertib menggunakan masker dan menjaga jarak,” ujarnya.

Maria Agnes juga mengaku sangat senang, sebab anak-anak asuhnya mendapatkan pengetahuan gratis dari kegiatan tersebut. Sebab para mahasiswa juga mendapatkan materi tentang pencegahan Covid-19 dari dokter.

Sementara itu Maria Dolorosa Astriani Syukur, salah satu mahasiswa KKN, menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Desa Gorontalo yang secara tulus menerima kehadiran mereka.

‘’Kami mahasiswa KKN mengucapkan terima kasih terutama kepada kepala Desa Gorontalo, Bapak Vinsen Obin. Semoga dengan kehadiran kami, dapat membantu memudahkan kegiatan apapun di Desa Gorontalo terutama upaya-upaya mencegah penyebaran Covid-19,’’ kata Asriani Syukur. (KI-05)

Check Also

Perempuan, Lingkungan dan Iklim Dunia

Oleh: Rizka Septiana Institut Komunikasi dan Bisnis The London School of Public Relations – Jakarta …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *