Home / Peristiwa / Nasional / Ketua Komisi IX DPR RI: Pemerintah Wajib Bangun RS Berstandar Internasional di Labuan Bajo
Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene. (kitaindonesia/san edison)

Ketua Komisi IX DPR RI: Pemerintah Wajib Bangun RS Berstandar Internasional di Labuan Bajo

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene mengatakan pemerintah sesungguhnya wajib membangun rumah sakit berstandar internasional di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hal itu sangat penting, menurut dia, mengingat Labuan Bajo merupakan daerah pariwisata super premium. Agak aneh rasanya, sebagaimana disampaikan Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, justru hingga saat ini Pemkab Manggarai Barat hanya memiliki Rumah Sakit Pratama.

“Labuan Bajo ini sudah ditetapkan sebagai daerah pariwisata super premium. Jadi di sini wajib ada rumah sakit berstandar internasional,” tegas Felly Estelita Runtuwene, di Aula Kantor Bupati Manggarai Barat, di Labuan Bajo, Senin 12 April 2021.

Ia menyampaikan hal tersebut merespons keluhan Bupati Edi Endi saat dialog dengan pimpinan dan anggota Komisi IX DPR RI bersama mitra kerja sesaat sebelumnya di tempat yang sama.

Felly Estelita Runtuwene menyebut, sebagai destinasi wisata kelas dunia, tentu banyak wisatawan mancanegara yang berlibur ke Labuan Bajo. Salah satu pertimbangan utama wisatawan mancananegara untuk berkunjung biasanya adalah terkait fasilitas pelayanan kesehatan.

“Mereka berlibur itu butuh kenyamanan. Salah satunya terkait kesehatan. Nah, apa jadinya kalau di sini kita tidak punya fasilitas rumah sakit yang memadai?” tandas Felly Estelita Runtuwene, yang dalam kunjungan kerja ke Labuan Bajo didampingi Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris dan Emanuel Melkiades Laka Lena serta sejumlah anggota.

“Tentunya sesampai di Jakarta, kami akan membahas ini bersama pemerintah. Jangan dong di Labuan Bajo, pariwisatanya super premium, tapi hanya ada Rumah Sakit Pratama,” imbuhnya.

Sebelumnya dalam dialog bersama pimpinan dan anggota Komisi IX DPR RI dan mitra kerja, Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi meminta agar komisi yang membidangi kesehatan dan ketenagakerjaan ini memperjuangkan agar pembangunan rumah sakit di Labuan Bajo dapat dianggarkan dalam APBN.

Pada APBN 2021, menurut Bupati Edi Endi, sempat dialokasikan anggaran untuk pembangunan rumah sakit ini. Namun dalam perjalanan, anggaran tersebut justru dihapus.

“Labuan Bajo ini daerah pariwisata super premium. Tetapi rumah sakit milik pemerintah daerah masih sebatas Rumah Sakit Pratama,” ucapnya.

“Mohon kiranya pimpinan dan anggota Komisi IX DPR RI berkenan menyampaikan salam kami kepada pemerintah pusat, bahwa kami butuh rumah sakit yang sepadan dengan predikat Labuan Bajo sebagai daerah pariwisata super premium,” imbuh Bupati Edi Endi. (KI-01)

Check Also

Angka Kematian Covid-19 Meningkat di 5 Provinsi, Termasuk NTT

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencatat grafik angka kematian Covid-19 meningkat pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *