Home / Peristiwa / Nasional / Ketika Jari Presiden Jokowi Menyentuh Pedestrian di Kuliner Kampung Ujung Labuan Bajo
Presiden Joko Widodo saat meninjau penataan pedestrian dan trotoar di kawasan Kuliner Kampung Ujung Labuan Bajo. (istimewa)

Ketika Jari Presiden Jokowi Menyentuh Pedestrian di Kuliner Kampung Ujung Labuan Bajo

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur, Kamis (1/10/2020). Ini adalah kunjungan ketiga Presiden Jokowi ke ujung barat Pulau Flores itu.

Dalam kunjungannya kali ini, Presiden Jokowi meninjau sejumlah proyek Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang sedang dikerjakan di Labuan Bajo. Salah satunya adalah proyek pembangunan dan penataan jalan, pedestrian, tepi pantai, serta drainase pendukung di kawasan Kuliner Kampung Ujung Labuan Bajo.

Turun dari mobil kepresidenan, Presiden Jokowi langsung mengecek kualitas penataan pedestrian dan trotoar di kawasan tersebut. Tak sekadar melihat, Kepala Negara bahkan terlihat duduk setengah jongkok, sambil jari-jarinya menyentuh pedestrian.

Setelah itu, Presiden Jokowi melakukan peninjauan langsung pada item pekerjaan lainnya di kawasan tersebut. Presiden Jokowi tampak didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, dan Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Laiskodat.

Presiden Jokowi berharap, seluruh proyek tahap pertama ini bisa rampung pada akhir tahun ini. Selanjutnya, proyek tahap kedua akan dilanjutkan 2021 mendatang.

“Di situ kita tata trotoarnya, pelabuhan lama yang semuanya kita rombak, kita pindah ke pelabuhan yang baru di Wae Kelambu. Kita harapkan tahapan yang pertama akan selesai di akhir tahun 2020, kemudian tahapan kedua akan selesai di tahun 2021,” jelas Presiden Jokowi, dalam keterangannya kepada wartawan di sela-sela kunjungan ini.

Dari Kampung Ujung, Presiden Jokowi dan rombongan kemudian melanjutkan peninjauan ke sarana gedung di objek wisata Batu Cermin, yang berjarak kurang lebih 5,3 kilometer dari lokasi peninjauan pertama.

Penataan di lokasi tersebut telah dimulai pada 16 Maret 2020 lalu. Saat ini, perkembangan penataan telah mencapai 47 persen.

“Di sini memang dibangun di titik-titik kawasan yang telah ditentukan, yang telah direncanakan tahun lalu. Ini sudah dimulai, seperti sekarang yang kita lihat ini di kawasan Batu Cermin yang sudah dimulai seperti ini,” papar Presiden Jokowi.

Dalam kunjungan kerja kali ini, Kepala Negara dan rombongan terbatas juga sejenak meninjau proyek pembangunan terminal multifungsi yang berada di daerah Wae Kelambu. Terminal tersebut nantinya akan difokuskan untuk mendukung aktivitas bongkar muat peti kemas kapal.

Selepas peninjauan sejumlah prasarana tersebut, Presiden Joko Widodo menyerahkan bantuan modal kerja bagi para pelaku usaha mikro dan kecil dari Labuan Bajo. (KI-21)

Check Also

Rakernas PERADI Sukses, Togar Situmorang Kembali Suarakan Dukungan untuk ‘Single Bar’

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) pimpinan Prof Otto Hasibuan, …

One comment

  1. Tiga periode peresiden ku.
    Sehat selalu. 🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *