Home / Peristiwa / Nasional / Kemenkumham Bali Gelar Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual di Bidang Paten

Kemenkumham Bali Gelar Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual di Bidang Paten

KitaIndonesia.Com – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bali menyelenggarakan kegiatan Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual, bertempat di Prime Plaza Hotel Sanur, Jumat 25 Maret 2022.

Kegiatan dengan tema “Perlindungan Kekayaan Intelektual Paten Melalui Pendaftaran Secara Online” ini dihadiri Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI Dr Sucipto, Kepala Divisi Administrasi Kemenkumham Bali Mamur Saputra, dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kemenkumham Bali Constantinus Kristomo.

Hadir pula pejabat administrator di lingkungan Kanwil Kemenkumham Bali, Koordinator dan Sub Koordinator pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI, para narasumber.

Diseminasi ini merupakan hari terakhir dari rangkaian kegiatan Mobile Intellectual Property Clinic yang telah diselenggarakan sejak tanggal 21 Maret 2022.

Kegiatan yang merupakan kolaborasi antar Kanwil Kemenkumham Bali dengan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual ini memiliki tujuan untuk memfasilitasi masyarakat dan stakeholder tekait kekayaan intelektual di wilayah sampai pelosok desa.

“Saat ini Kementerian Hukum dan HAM RI mengembangkan beberapa layanan seperti Layanan Pendaftaran Kekayaan Intelektual secara online dan mendukung pelayanan kepada masyarakat,” jelas Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kemenkumham Bali Constantinus Kristomo, saat menyampaikan laporan pelaksana kegiatan.

“Khusus Mobile IP Clinic merupakan salah satu program unggulan dari Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly untuk Kementerian Hukum dan HAM di tahun 2022,” imbuhnya.

Ia menambahkan, Kanwil Kemenkumham Bali menjadi pilot project untuk kegiatan Intellectual Property and Tourism ini. Sebab Pulau Bali merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang sangat diminati wisatawan.

Sementara itu Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI, Dr Sucipto, dalam sambutannya mengatakan diseminasi kekayaan intelektual khususnya terkait paten ini guna mendorong pemahaman lebih lanjut stakeholder di wilayah untuk menggerakkan iklim inovasi dan kreasi yang berujung pada perlindungan kekayaan intelektual melalui prosedur pengajuan pemberian hak paten.

Sucipto mengajak peserta untuk terus menggali potensi wilayah, terus berkreasi, berkarya dan berinovasi, bersama-sama memahami pentingnya pelindungan kekayaan intelektual serta menjaga kualitasnya, mengembangkannya dan membuatnya semakin bernilai ekonomi tinggi.

“Ini sekaligus menjadikan Indonesia pada umumnya serta Bali pada khususnya memiliki keunggulan kompetitif di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi,” pungkasnya. (KI-01)

Check Also

Laksmi Shari dari Bali Terpilih Sebagai Puteri Indonesia 2022

KitaIndonesia.Com – Laksmi Shari De Neefe Suardana terpilih sebagai Puteri Indonesia 2022 setelah menyisihkan puluhan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *