Home / Nusantara / Kelebihan Kapasitas, Tiga Warga Binaan Rutan Klungkung Dipindahkan ke Bangli
Proses pemindahan warga binaan dari Rutan Klungkung ke Lapas Bangli. (istimewa)

Kelebihan Kapasitas, Tiga Warga Binaan Rutan Klungkung Dipindahkan ke Bangli

Klungkung (KitaIndonesia.Com) – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bali melalui Divisi Pemasyarakatan melakukan pemindahan tiga warga binaan pemasyarakatan (WBP) kasus narkotika dari Rutan Kelas IIB Klungkung ke Lapas Narkotika Kelas IIA Bangli, Bali, Kamis 14 Desember 2021.

Pemindahan ketiga warna binaan dilakukan untuk mengatasi kelebihan kapasitas di Rutan Kelas IIB Klungkung. Pemindahan dilakukan dengan menggunakan 1 unit TransPAS, dalam pengawalan yang dilakukan secara humanis dengan memperhatikan Standar Operasional Prosedur (SOP) serta menedepankan protokol kesehatan Covid-19.

Pemindahan warga binaan tersebut dikawal oleh lima orang petugas Rutan Klungkung dan empat orang dari Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Bali.

“Pemindahan tersebut dilakukan untuk mengatasi overcrowded, penghuni melebihi kapasitas, yang dialami oleh Rutan Klungkung,” jelas Kepala Kanwil Kemenkumham Bali, Jamaruli Manihuruk, usai pemindahan warga binaan tersebut.

Selain untuk mengatasi overcrowded, imbuhnya, hal ini juga untuk menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban serta kepentingan pembinaan bagi WBP.

“Pelaksanaan pemindahan warga binaan dilakukan sesuai prosedur yang berlaku, termasuk mengecek kelengkapan dokumen yang akan dibawa, penggeledahan warga binaan yang akan dipindahkan untuk memastikan bebas dari barang-barang terlarang. Protokol kesehatan juga tetap diutamakan,” ujar Jamaruli Manihuruk.

Sementara itu Kepala Rutan Klungkung, I Made Supartana, mengakui bahwa kapasitas hunian di Rutan Klungkung adalah 49 orang. Namun jumlah penghuni saat ini mencapai 103 orang.

Ia berharap, warga binaan yang dipindahkan ini semakin nyaman menjalani pembinaan masa pidananya di tempat yang baru. Apalagi tempat yang baru lebih luas, banyak fasilitas olahraga serta menyediakan keterampilan yang variatif.

“Proses pemindahan warga binaan ini berjalan dengan aman dan lancar,” papar Made Supartana. (KI-01)

Check Also

Jaga Kondusifitas Jelang Pemilu, Demokrat Siap Bersinergi dengan Polda Bali

KitaIndonesia.Com – DPD Partai Demokrat Provinsi Bali menegaskan komitmennya untuk menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *