Home / Hukum / Kejari Tahan 6 Tersangka Kasus Dugaan Pemalsuan Dokumen Penerbitan Sertifikat Tanah di Mabar
Para tersangka saat diantar ke tahanan Mapolres Manggarai Barat. (kitaindonesia/itho umar)

Kejari Tahan 6 Tersangka Kasus Dugaan Pemalsuan Dokumen Penerbitan Sertifikat Tanah di Mabar

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) –  Persoalan agraria di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, menjadi perhatian serius lembaga penegak hukum. Beberapa kasus terkait kepemilikan lahan misalnya, sudah mulai diusut serius.

Selain kasus pengalihan lahan milik Pemkab Manggarai Barat di Keranga, penegak hukum juga mengusut kasus dugaan pemalsuan surat atau dokumen guna mengurus penerbitan sertifikat ratusan hektar lahan di Desa Batu Tiga, Kecamatan Boleng, Manggarai Barat.

Bahkan Rabu (17/2/2021) malam sekitar Pukul 19.13 Wita, Kejaksaan Negeri (Kejari) Manggarai Barat menahan 6 (enam) tersangka dalam kasus ini. Keenam tersangka ini merupakan warga Desa Batu Tiga. Mereka diamankan di Mapolres Manggarai Barat, usai menjalani pemeriksaan selama 6 jam di Kejari Manggarai Barat.

Menurut Kepala Seksi Intelijen Kejari Manggarai Barat I Putu Andi Sutadarma, keenam tersangka yang ditahan masing-masing adalah BBM (71), NBA (52), HBA (63), RBAS (50), HBAS (62), dan SBMS (37).

“Ini merupakan tahap kedua yang kami terima dari Mabes Polri, yang kasusnya dilimpahkan dari Kejaksaan Agung. Kejaksaan Agung kemudian melimpahkan kasus ini ke Kejari Manggarai karena terkait wilayah sengketa. Enam tersangka ini kami langsung limpahkan ke Pengadilan,” jelas Putu Andi.

Menurut dia, para tersangka akan dijerat Pasal 263 ayat 1 KUHP jonto Pasal 55 ayat 1 KUHP atau Pasal 263 ayat 2 KUHP jonto Pasal 55 ayat 1 KUHP.Ancaman hukumannya 6 tahun penjara,” ucapnya.

Terkait objek sengketa, Putu Andi belum memberikan keterangan kepada media. Menurut dia, hal tersebut akan diungkapkan dalam persidangan.

“Nanti Pengadilan yang menerangkan semua. Kita sidang dulu. Yang jelas kasus ini dilaporkan Ali Antonius di Mabes Polri tanggal 20 Februari 2020 lalu,” pungkas Putu Andi. (KI-05)

Check Also

Diduga Cemarkan Nama Baik, Istri Zainal Tayeb dan Salah Satu Media Online Disomasi

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Diduga mencemarkan nama baik melalui media online, istri dari terdakwa Zainal Tayeb, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *