Home / Hukum / Kasus Tanah di Labuan Bajo, Pengusaha Hotel Hingga Bupati Ditetapkan Sebagai Tersangka
Para tersangka (mengenakan rompi) saat menuju pesawat di Bandara Komodo dan diterbangkan ke Kupang. (istimewa)

Kasus Tanah di Labuan Bajo, Pengusaha Hotel Hingga Bupati Ditetapkan Sebagai Tersangka

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Kasus pengalihan aset tanah pemerintah daerah seluas 30 ha di Kerangan, Kelurahan Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, memasuki babak baru. Pasalnya, Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur (Kejati NTT) menepati janjinya menetapkan tersangka dalam kasus dengan dugaan kerugian negara sekitar Rp3 triliun itu.

Kamis (14/1/2021) buktinya, Kejati NTT menetapkan belasan nama sebagai tersangka dalam kasus ini. Dari belasan nama tersangka tersebut, satu di antaranya adalah Bupati Manggarai Barat berinisial ACD. Mereka ditetapkan sebagai tersangka usai menjalani pemeriksaan di Kejari Manggarai Barat.

Penetapan ACD dan belasan nama lainnya ini sebagai tersangka disampaikan Aspidsus Kejati NTT Muhammad Ilham Samudra, kepada wartawan di Kejari Manggarai Barat, Labuan Bajo, Kamis (14/1/2021).

“Untuk peran para tersangka, akan dijelaskan oleh Kepala Kejati NTT di Kupang. Seluruh tersangka langsung kita antar ke Kupang hari ini,” jelas Ilham Samudra.

Selain ACD, sejumlah pejabat Pemkab Manggarai Barat turut ditetapkan sebagai tersangka, antara lain Bagian Tata Pemerintahan (Tatapem) berinisial AS, dan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekertariat Daerah berinisial AN.

Selanjutnya, ada juga nama Calon Wakil Bupati Manggarai Barat berinisial ARNCD dan pengusaha hotel di Labuan Bajo berinisial VS, yang ditetapkan sebagai tersangka. Para tersangka ini langsung diterbangkan ke Kupang, didampingi penyidik Kejati NTT.

“Semua tersangka dalam kasus dugaan korupsi jual beli aset negara langsung ditahan di Kupang. Khusus ACD, kami belum tahan karena masih diminta keterangan lebih lanjut,” jelas Koordinator Tim Penyidikan Tipidsus Kejati NTT Roy Riady. (KI-05)

Check Also

Law Firm Togar Situmorang Kembali Menangkan Perkara, Pengadilan Eksekusi Villa di Batu Layar

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Kerja keras Law Firm Togar Situmorang kembali berbuah manis. Kantor hukum yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *