Home / Peristiwa / Nasional / Kakanwil Kemenkumham Bali: Anggaran Harus Bermanfaat Bagi Masyarakat
Suasana Rapat Koordinasi Rencana Kerja dan Anggaran di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali. (istimewa)

Kakanwil Kemenkumham Bali: Anggaran Harus Bermanfaat Bagi Masyarakat

Kuta (KitaIndonesia.Com) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Provinsi Bali, Sutrisno, mengajak seluruh jajarannya untuk bersama – sama mengevaluasi kinerja yang telah dilaksanakan selama tahun 2019. Evaluasi terutama terkait kinerja penganggaran dan target kinerja Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Bali.

“Evaluasi tersebut untuk menjadi perhatian agar di tahun 2020 ini tidak terjadi penurunan capaian kinerja dibandingkan tahun – tahun sebelumnya,” kata Sutrisno, dalam sambutannya saat membuka Rapat Koordinasi Rencana Kerja dan Anggaran di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali Tahun 2020, yang berlangsung di Grand Istana Rama Hotel Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Senin (10/2/2020).

Selain evaluasi anggaran dan kinerja tahun sebelumnya, ia juga mengingatkan khusus masalah penyusunan rencana kerja dan anggaran untuk tahun 2020 ini. Sutrisno ingin rencana kerja dan anggaran yang disusun benar-benar optimal dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Dalam menyusun rencana kerja dan anggaran, masing-masing satker harus dapat memastikan bahwa anggaran yang disusun dan direncanakan nantinya akan memberikan manfaat yang optimal dan seluas-luasnya bagi masyarakat, yang artinya berfokus pada outcome, bukan sekadar output,” pesannya.

Sutrisno juga mengingatkan agar proses penyusunan rencana kerja dan anggaran tersebut tidak hanya dibebankan kepada para operator semata. Seluruh proses harus senantiasa bersinergi antara operator, Kasubid/ Kasubag, Kabid/ Kabag hingga Kepala Unit Pelaksana Teknis dan Kepala Divisi.

“Ini penting, sehingga dapat menghasilkan dokumen perencanaan dan penganggaran yang tepat sasaran, akuntabel dan transparan,” tandas Sutrisno.

Sementara itu Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Bali, Faisol Ali, dalam laporannya menyampaikan bahwa rapat koordinasi ini bertujuan untuk melakukan sinkronisasi kebijakan perencanaan dan
anggaran dalam tahun anggaran 2021 di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Bali.

Output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah tersusunnya Dokumen Kebutuhan Angka Dasar, Dokumen Usulan RKA-K/L Tahun Anggaran 2021 sesuai Kebutuhan Angka Dasar, Dokumen Usulan Postur RKA-K/L TA 2021 dan Dokumen Perjanjian Kinerja Tahun 2020,” kata Faisol Ali.

Seperti disaksikan, kegiatan ini dihadiri Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali, Kepala Unit Pelaksana Teknis se-Denpasar dan Badung, Narasumber dari Biro Perencanaan, serta para peserta rapat koordinasi. Acara ini diawali dengan persembahan Tari Buratwangi yang dibawakan oleh ASN Lapas Perempuan Kelas II A Denpasar, sebelum dibuka secara resmi oleh Kakanwil Kemenkumham Provinsi Bali. (KI4)

Check Also

Komnas HAM Panggil Pimpinan KPK dan BKN, Hendardi: Itu Mengada-ada

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) memanggil pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *