Home / Politik / Jika Menang di Pilkada Mabar, Edi Endi Catat Tiga Rekor Pribadi
Calon Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi. (istimewa)

Jika Menang di Pilkada Mabar, Edi Endi Catat Tiga Rekor Pribadi

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Empat pasangan calon bupati dan wakil bupati telah bertarung pada Pilkada Manggarai Barat (Mabar), 9 Desember lalu. Mereka adalah pasangan Pantas Ferdinandus dan Andi Riski Nur Cahya D (Pantas-Riski), Maria Geong dan Silverius Sukur (MISI), Edistasius Endi dan Yulianus Weng (Edi-Weng), serta Adrianus Garu dan Anggalinus Gapul (AG-AG).

Berdasarkan hasil hitung cepat yang dilakukan Populi Center, pasangan Edi-Weng unggul atas ketiga rivalnya dengan raihan 32,44 persen suara. Posisi kedua ditempati duet MISI dengan 31,78 persen, disusul pasangan Pantas-Riski (21,39) dan AG-AG (14,4 persen).

Sementara itu berdasarkan hasil penghitungan KPU yang dilansir situs pilkada2020.kpu.go.id, pasangan Edi-Weng juga unggul sementara. Hingga Kamis (10/12/2020) Pukul 18.00 Wita, pasangan calon nomor urut 3 itu mengumpulkan 35,5 persen suara. Selanjutnya MISI 29 persen, Pantas-Rizki 19,7 persen, dan AG-AG 15,7 persen.

Data ini dipastikan akan terus berubah, mengingat data yang diinput baru dari 112 TPS atau 19,11 persen. Adapun jumlah TPS di Manggarai Barat pada Pilkada Serentak 2020 mencapai 586 TPS.

Calon Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi. (istimewa)

Rekor Pribadi Edi Endi

Jika tren suara ini tidak berubah dan pasangan Edi-Weng tampil sebagai juara, maka Edi Endi mencatatkan rekor pribadi pada Pilkada Manggarai Barat 2020 ini. Setidaknya dari data olahan kitaindonesia.com, Edi Endi mencatat tiga (3) rekor pribadi jika melenggang mulus ke kursi Mabar 1.

Pertama, Edi Endi merontokkan dominasi birokrat yang selalu tampil sebagai pemenang pada tiga Pilkada Manggarai Barat terakhir. Pada Pilkada Manggarai Barat 2015 misalnya, (alm) Fidelis Pranda yang tampil sebagai pemenang. Pranda berlatar belakang birokrat murni dan berpasangan dengan Agustinus Ch Dula yang juga seorang birokrat saat itu.

Selanjutnya pada Pilkada Manggarai Barat 2010 dan 2015, giliran Agustinus Ch Dula yang memenangkan kontestasi di Bumi Komodo itu. Dengan demikian, apabila pasangan Edi-Weng menang pada Pilkada Manggarai Barat 2020 ini, maka Edi Endi tercatat sebagai politisi pertama yang berhasil melenggang ke kursi bupati di ujung barat Pulau Flores itu.

Kedua, jika tampil sebagai pemenang, maka Edi Endi tercatat sebagai Ketua DPRD Manggarai Barat pertama yang bertarung di Pilkada dan tampil sebagai pemenang. Sebelumnya, Matheus Hamsi saat duduk sebagai Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat juga ikut bertarung pada Pilkada Manggarai Barat, namun gagal bersaing dengan pasangan calon lainnya.

Ketiga, jika tampil sebagai pemenang, maka Edi Endi mencatat rekor sebagai politisi yang tidak pernah gagal setiap bertarung.

Dalam catatan kitaindonesia.com, Edi Endi pertama kali bertarung pada Pileg 2004 melalui Partai Pelopor dan terpilih sebagai anggota DPRD Manggarai Barat periode 2004-2009. Pada Pileg 2009, Edi Endi kembali melenggang mulus sebagai wakil rakyat periode 2009-2014, masih bersama Partai Pelopor.

Selanjutnya pada Pileg 2014, Edi Endi yang hijrah ke Partai Golkar lagi-lagi lolos sebagai anggota DPRD Manggarai Barat periode 2014-2019. Adapun pada Pileg 2019, Edi Endi yang duduk sebagai Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Manggarai Barat sekali lagi terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Manggarai Barat periode 2019-2024. Bahkan oleh pimpinan partai, politikus asal Lembor ini didaulat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat.

Empat kali memenangkan pertarungan di ajang Pileg, kini Edi Endi berpeluang besar kembali mencatatkan namanya sebagai pemenang di Pilkada Manggarai Barat 2020.

Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi dan Yulianus Weng. (istimewa)

Klaim Menang

Sementara itu, merujuk pada hasil quickcount Populi Center, data sementara realcount yang dilakukan oleh KPU, hingga data C1 yang dimiliki tim, pasangan Edi-Weng mengklaim diri memenangkan Pilkada Manggarai Barat 2020. Klaim tersebut disampaikan pasangan Edi-Weng di Labuan Bajo, Rabu (9/12/2020) malam.

“Pasangan Edi – Weng meyakini bahwa baik hasil hitung cepat maupun realcount, kami terlalu yakin menang,” kata Edi Endi, yang didampingi Yulianus Weng bersama tim.

Meski mengklaim kemenangan, Edi Endi mengimbau kepada seluruh pendukung, relawan dan tim pemenangan untuk bersabar dan menunggu pengumuman resmi KPU Manggarai Barat.

“Kami juga menghimbau kepada seluruh pendukung, timses dan relawan, begitu juga dengan keluarga agar tetap menjaga ketenangan sambil kita mengawal seluruh rangkaian proses sampai nanti ditetapkan oleh KPU,” ajak Edi Endi.

Ia juga tak lupa memberikan apresiasi kepada seluruh simpatisan dan pendukung, yang dengan caranya masing – masing telah mengantarkan paket Edi-Weng unggul di Pilkada Manggarai Barat.

“Tim bekerja sungguh luar biasa. Mereka mengawal basis keluarga, basis kampung, basis desa, untuk memastikan bahwa yang mendukung paket Edi – Weng tidak masuk angin. Tentu saya bersama Kak Dokter, menyampaikan terimakasih atas segala doa dan kerja keras timses dan relawan, mulai dari tingkat kabupaten sampai dengan anak kampung. Kami juga menyampaikan terimakasih kepada partai pengusung dan pendukung yang telah bekerja dengan sungguh luar biasa untuk memenangkan paket Edi-Weng,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, baik Edi Endi maupun Yulianus Weng juga mengapresiasi sinergitas TNI/ Polri dalam mengawal jalannya Pilkada Manggarai Barat sehingga berlangsung aman, damai dan kondusif. Demikian halnya dengan peran besar seluruh masyarakat Manggarai Barat, yang mampu menjaga kondusifitas dalam seluruh tahapan Pilkada Serentak 2020. (KI-Afry Magung)

Check Also

Usung 7 Program Prioritas, Togar Situmorang Optimistis Menang di Pilgub DKI Jakarta

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Jadwal Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta, belum ketok palu. Sementara masa jabatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *