Home / Nusantara / Jika Bali Berlakukan Lockdown, PSR: Distribusi Sembako ‘Door to Door’
Anggota Komisi VI DPR RI, Putu Supadma Rudana (PSR). (istimewa)

Jika Bali Berlakukan Lockdown, PSR: Distribusi Sembako ‘Door to Door’

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Anggota Komisi VI DPR RI, Putu Supadma Rudana (PSR) mendesak Pemprov Bali untuk segera memberlakukan lockdown lokal, guna memutus mata rantai penyebaran virus corona jenis baru atau Covid-19. Jika itu dilakukan pemerintah, PSR memastikan bahwa kebutuhan logistik masyarakat khususnya sembako harus tetap dipenuhi.

Lalu bagaimana caranya? Ditanya demikian, PSR yang juga anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI ini mengatakan, masalah distribusi logistik harus direncanakan secara matang. Saat bersamaan, harus ada sosialisasi dan pemetaan kebutuhan logistik sembako bagi masyarakat selama diberlakukan lockdown.

“Kita memiliki sistem banjar di Bali. Dengan pola distribusi sembako berbasis desa dan banjar, maka penyaluran sembako kepada masyarakat bisa dilaksanakan. Tidak harus berkerumun, karena bisa mengerahkan prajuru banjar “door to door“. Kan ini hanya sementara waktu guna mencegah penularan virus corona,” kata Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia ini, di Denpasar, Minggu (29/3/2020).

PSR pun mengapresiasi pemerintah yang sudah menyiapkan bantuan langsung tunai (BLT) bagi masyarakat di tengah wabah virus corona. Namun, hal tersebut akan swmakin membantu jika pemerintah juga menyalurkan sembako “door to door” kepada masyarakat yang berstatus pekerja harian, buruh dan masyarakat kurang mampu.

“Badai virus corona ini, membuat situasi dan kondisi makin sulit. Tetapi saya yakin kalau kita semua peduli, maka masalah krisis di tengah wabah ini bisa diatasi,” ujar Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen DPR RI ini.‎

Politikus asal Desa Peliatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar itu juga mengimbau masyarakat agar tidak mengabaikan pola hidup sehat, olahraga, menjaga stamina, asupan gizi yang baik dan vitamin. Apabila anti bodi (imunitas) terjaga, maka bisa terhindar dari virus yang meresahkan tersebut.

“Semoga kita semua selamat. Kalau ada gejala, barulah memeriksakan diri dan dilakukan test Covid-19. Sementara ini kita prioritaskan kepada masyarakat yang lebih memerlukan. Kita berharap badai ini cepat berlalu, dan masyarakat bisa beraktivitas seperti sedia kala,” pungkas PSR, yang menolak adanya tes Covid-19 bagi anggota DPR RI dan keluarga ini. (KI4)

Check Also

Hari Laut Sedunia, Escape Bajo Bersama Komodo Escape Gelar Aksi Bersihkan Sampah di Pantai dan Laut

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Escape Bajo bersama Komodo Escape akan menggelar aksi bersihkan sampah di …

One comment

  1. Like!! I blog frequently and I really thank you for your content. The article has truly peaked my interest.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *