Anggota Komisi VI DPR RI Nyoman Parta saat menerima sopir dan kernet Bus DAMRI yang jadi korban PHK. (istimewa)

Jadi Korban PHK, Sopir dan Kernet Perum DAMRI Mengadu ke Nyoman Parta

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Belasan sopir dan kernet Perusahaan Umum Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (Perum DAMRI) Cabang Denpasar mendatangi kediaman anggota DPR RI Nyoman Parta, Jumat 21 Januari 2022 malam.

Kedatangan mereka untuk mengadu BUMN yang bergerak di bidang transportasi darat itu, yang secara sepihak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

“Kami ada 13 orang, di-PHK secara sepihak oleh Perum DAMRI pada tanggal 31 Desember 2021 lalu,” kata Komang Merta, yang mengkoordinir teman temannya yang berjumlah 13 orang, di hadapan Nyoman Parta.

Yang membuat Komang Merta dan kawan-kawan kecewa, setelah mereka di-PHK justru Perum DAMRI merekrut tenaga kerja baru per 1 Januari 2022.

“Ini aneh. Perusahaan lakukan PHK dengan kami, tetapi malah merekrut tenaga kerja baru pada tanggal 1 Januari 2022. Padahal rata-rata kami sudah bekerja selama 4 tahun,” ujarnya.

Komang Merta dan kawan-kawan pun meminta Nyoman Parta memperjuangkan nasib mereka. Selama ini, mereka menjadi sopir dan kernet Bus DAMRI untuk jalur perintis Bangli dan Buleleng. Mereka juga sebagian besar berasal dari Bangli dan Buleleng.

Aspirasi para sopir dan kernet itu pun diterima Nyoman Parta. Bahkan anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI ini berkomitmen memperjuangkan nasib mereka.

“Perum DAMRI adalah BUMN yang bergerak di bidang transportasi. Seharusnya BUMN menjadi contoh positif dalam hubungan perburuhan. BUMN harus menjadi etalase hubungan industrial, bukan sebaliknya bertindak sewenang-wenang terhadap pekerjanya,” tandas Nyoman Parta.

“Saya berkomitmen mendampingi dan berjuang agar mereka bisa dipekerjakan kembali dan mendapatkan hak – haknya,” pungkas anggota Komisi VI DPR RI asal Bali ini. (KI-01)

Check Also

Jaga Kondusifitas Jelang Pemilu, Demokrat Siap Bersinergi dengan Polda Bali

KitaIndonesia.Com – DPD Partai Demokrat Provinsi Bali menegaskan komitmennya untuk menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *