Home / Nusantara / Isu Pembangunan Dermaga Niaga Dipindah, Masyarakat Macang Pacar Meradang
Masyarakat Macang Pacar yang tergabung dalam Forum Peduli Pembangunan Dermaga Laboliang saat berdialog dengan Camat Macang Pacar. (istimewa)

Isu Pembangunan Dermaga Niaga Dipindah, Masyarakat Macang Pacar Meradang

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Masyarakat Kecamatan Macang Pacar, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), meradang. Pemicunya, ada informasi yang berkembang luas bahwa rencana pembangunan dermaga niaga yang sudah matang di Laboliang, Desa Bari, Macang Pacar, justru dikabarkan dipindahkan ke tempat lain.

Bahkan Kamis (12/12/2019), puluhan masyarakat yang tergabung dalam Forum Peduli Pembangunan Dermaga Laboliang, mendatangi Kantor Camat Macang Pacar. Mereka diterima langsung oleh Camat Macang Pacar, Sarimin Malonde, didampingi Kapolsek dan Wakil Danramil serta jajaran.

Di hadapan camat, Forum Peduli Pembangunan Dermaga Laboliang menyampaikan empat pernyataan sikap. Pertama, mendesak camat Macang Pacar segera meminta klarifikasi dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat terkait isu pembatalan pembangunan Dermaga Laboliang.

Kedua, mendesak pemerintah segera merealisasikan rencana pembangunan Dermaga Laboliang sesuai perencanaan awal, dan bukan malah dipindahkan ke tempat lain di Kabupaten Manggarai Barat.

Ketiga, apabila pembangunan dermaga tersebut dibatalkan atau dialihkan ke tempat lain, maka masyarakat mengambil kembali lahan yang sudah diserahkan kepada pemerintah guna mendukung pembangunan dermaga tersebut.

Keempat, mengajak seluruh masyarakat Macang Pacar Raya, untuk bersama-sama mengawal dan mendesak pemerintah daerah dan pusat agar segera membangun Dermaga Laboliang yang sudah disosialisaslkan oleh pemerintah.

“Kami hadir di hadapan Bapak Camat, karena kami merasa tidak puas dengan isu yang berkembang. Kami meminta pemerintah melalui pemerintah Kecamatan Macang Pacar agar segera membangun dermaga di Laboliang, sesuai perencanaan awal,” kata Stanislaus Kani, koordinator Forum Peduli Pembangunan Dermaga Laboliang, pada kesempatan tersebut.

Ia juga meminta camat Macang Pacar, untuk meneruskan aspirasi tersebut kepada Pemkab Manggarai Barat di Labuan Bajo dan pemerintah pusat di Jakarta. Apalagi faktanya, wilayah Macang Pacar saat ini masih sangat terbelakang dibandingkan daerah lain di Manggarai Barat.

Rencana pembangunan Dermaga Laboliang, demikian Stanislaus Kani, sesungguhnya membawa harapan besar bagi masyarakat di daerah itu. Selain membuka isolasi, kehadiran dermaga ini diyakini mampu menggerakkan ekonomi masyarakat Macang Pacar dan sekitarnya.

“Rencana pembangunan infrastruktur dermaga ini tentu sangat membantu masyarakat dalam mobilisasi hasil komoditi. Ini membawa harapan bagi masyarakat kami. Tetapi jika rencana ini dibatalkan, tentu harapan itu menjadi pupus, dan Macang Pacar tetap menjadi daerah yang terbelakang,” tandas mantan Ketua DPRD Manggarai ini.

Ia pun mengingatkan, rencana pembangunan Dermaga Laboliang sesungguhnya sudah dimulai tahun 2016. Bahkan pada tahun 2018, sudah dilakukan pembebasan lahan oleh pemerintah untuk pembangunan dermaga ini.

“Rencana ini sudah sejak lama, bahkan sudah ada pembebasan lahan. Ini artinya masyarakat sangat antusias dan mendukung pembangunan dermaga ini. Lalu kenapa antusiasme dan harapan masyarakat yang sudah di depan mata ini, dirampas tanpa alasan yang jelas? Ini harus diluruskan oleh pemerintah,” tegas Stanislaus Kani. (KI4)

Check Also

Ajak Masyarakat Vaksin dan Jaga Imun, Togar Situmorang: Jangan Remehkan Virus Corona!

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Hampir dua tahun dunia dirundung bencana wabah virus corona. Virus yang berasal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *