Home / Peristiwa / Nasional / Isi Diskusi Kebangsaan, Gus Nuril: Kyai NU Tidak Pernah Berebut Jabatan

Isi Diskusi Kebangsaan, Gus Nuril: Kyai NU Tidak Pernah Berebut Jabatan

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Meski memiliki andil yang cukup besar dalam kemerdekaan bangsa Indonesia, ulama Nahdlatul Ulama (NU) disebut tidak sekalipun ingin menguasai atau berebut jabatan.

“Sebagai pemilik sawah yang bernama Negara Kesatuan Republik Indonesia, Kyai NU tawadhu, tidak pernah sekalipun royoan atau ingin merebut jabatan,” kata Ketua Umum Patriot Garuda Nusantara (PGN) Kyai Haji Nuril Arifin Husein saat mengisi diskusi kebangsaan yang digelar PGN Wilayah Bali, Senin (31/5/2021) di Denpasar.

Gus Nuril demikian akrab disapa lalu mencontohkan, di awal-awal bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan telah terjadi perdebatan hingga mengakibatkan perpecahan.

Di sana akhirnya muncul PKI yang bersifat sosial dengan mendirikan negara sendiri yang bernama PKI Uni Soviet.

Lalu ada ada pemberontakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII) yang ingin mendirikan Negara Islam Indonesia (NII).

Namun semua itu tak menyurutkan tekad dan langkah para Kyai NU bersama Ir Soekarno yang tetap berpegang teguh dengan mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Ini yang harus dicontoh oleh kalian-kalian semua anggota PGN. Jangan mau kalah dengan ulama-ulama pendahulu kita,” tuturnya.

Sebelumnya saat memberi sambutan Panglima Komando PGN Wilayah Bali, Gus Yadi mengatakan, acara ini untuk menyemangati PGN dalam memupuk kecintaan terhadap NKRI.

Gus Yadi juga menggaungkan semangat persatuan dan kesatuan, serta menghindari ajaran radikalisme yang merongrong UUD45, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI harga mati.

“Jangan percaya dengan ajaran yang menawarkan surga dan 72 bidadari. Pegang teguh merah putih dan sematkan garuda di dada,” tegasnya.

Diskusi kebangsaan menjelang peringatan Hari Lahir Pancasila ini diikuti puluhan anggota PGN serta para undangan yang berasal dari berbagai kalangan. (rls)

Check Also

Rencana Bali Dibuka Bagi Wisman, Jamaruli Manihuruk: Petugas Imigrasi Selalu Siap di Lapangan

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Pemerintah berencana membuka pintu bagi kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Indonesia. Sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *