Home / Uncategorized / Ini Upaya Polres Bangli Cegah Masuk Faham Radikalisme ke Bangli

Ini Upaya Polres Bangli Cegah Masuk Faham Radikalisme ke Bangli

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Upaya Polres Bangli dalam menciptakan situasi Kamtibmas terus dilakukan. Salah satunya merangkul warga muslim di Dusun Sudihati, Desa Kintamani, Kecamatan Kintamani, Bangli.

“Dusun Sudihati merupakan salah satu dusun yang mayoritas penduduknya beragama islam,” ucap Kasat Intelkam Polres Bangli AKP Made Budiarta seizin Kapolres, Kamis (18/3/2021) di Bangli.

Dijelaskan, warga Dusun Sudihati dulunya adalah warga pendatang dari Madura. Sampai saat ini sudah tiga generasi menetap di wilayah tersebut.

Ditambahkan, sebagai tempat beribadah dari warga Dusun Sudihati memiliki sebuah Masjid bernama Masjid Al-Muhajirin Kintamani.

“Untuk jumlah umat islam hingga saat ini mencapai 150 kepala keluarga,” tuturnya.

Kasatintelkam menyatakan, guna mencegah munculnya organisasi kemasyarakatan yang telah dilarang oleh pemerintah di Bangli, pihaknya melakukan pendekatan dengan para tokoh di desa tersebut.

Hal ini dilakukan agar organisasi yang telah dibubarkan dan dicabut badan hukumnya oleh pemerintah karena dinilai radikal dan mengancam kedaulatan NKRI tidak tumbuh subur.

“Sejauh dari pihak tokoh muslim Dusun Sudihati telah melakukan upaya pencegahan di antaranya pendataan penduduk pendatang maupun memberikan imbauan dalam setiap kegiatan ibadah dan pengajian,” jelasnya.

Sementara Ustadz Syamsudin selaku Sekretaris Takmir Masjid Al-Muhajirin Kintamani menuturkan, selain upaya dari tokoh muslim, masyarakat Dusun Sudihati sangat proaktif dan antipati terhadap keberadaan Ormas terlarang dan radikal yang bertentangan dengan kaidah atau ajaran agama islam.

“Kami juga mendukung upaya dan kebijakan yang selama ini telah dilakukan oleh pemerintah untuk mencegah Ormas terlarang dan radikalisme berkembang di masyarakat,” tuturnya. (*)

Check Also

What exactly is Data Room?

A data bedroom is a electronic room used for the safe storage of information. Data …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *