Home / Figur / Ingin Jadi Advokat Handal, Frihardo Pasaribu Bergabung di Law Firm Togar Situmorang
Advokat muda Frihardo Pasaribu, SH. (istimewa)

Ingin Jadi Advokat Handal, Frihardo Pasaribu Bergabung di Law Firm Togar Situmorang

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Satu lagi advokat muda yang memutuskan bergabung dengan Law Firm Togar Situmorang. Dia adalah Frihardo Pasaribu, SH. Pria yang akrab disapa Frihardo itu, saat ini memperkuat Law Firm Togar Situmorang Cabang Jakarta di Gedung Piccadilly Room 1003-1004, Jalan Kemang Selatan Raya Nomor 99, Jakarta Selatan.

Seperti apa sosok Frihardo? Lalu bagaimana impian terbesarnya ke depan sebagai seorang advokat?

Kepada wartawan di Jakarta beberapa waktu lalu, advokat muda kelahiran Jakarta ini menuturkan secara singkat perjalanannya hingga memutuskan bergabung di Law Firm Togar Situmorang Cabang Jakarta. Frihardo sebelumnya mengambil Jurusan Ekonomi di Kampus STEI Indonesia dan lulus tahun 2000.

Ia bahkan pernah bekerja di berbagai perusahaan. Mulai dari kepala gudang hingga menjadi pegawai bank di bagian collection.

Dalam perjalanan, Frihardo memutuskan untuk kuliah lagi di Fakultas Hukum Universitas Bung Karno. Frihardo mengambil konsentrasi hukum perdata. Setelah lulus, Frihardo bergabung di Law Firm Togar Situmorang Cabang Jakarta.

“Bapak Togar Situmorang adalah sosok pemimpin, mentor dan rekan yang sangat baik. Merupakan kebanggaan tersendiri bekerja bersama serta bisa mengayomi rekan-rekan yang lain di kantor,” tutur pria asal Sumatera Utara ini.

Impian terbesar Frihardo adalah menjadi seorang advokat handal. Bagi Frihardo, profesi sebagai advokat merupakan panggilan jiwanya. Ia menyebut, berbagai persoalan yang timbul di tengah-tengah masyarakat lebih banyak karena ketidaktahuan mereka terhadap produk-produk hukum terutama dalam menghadapi konflik hukum dengan aparatur hukum seperti polisi dan jaksa, bahkan dalam persidangan.

Itu sebabnya, Frihardo memutuskan menjadi advokat. Ia ingin mengedukasi masyarakat, selain membela masyarakat yang mencari keadilan.

“Menurut saya, menjadi seorang advokat merupakan profesi yang mulia dan membanggakan. Selain itu, saya juga ingin mencari tantangan pekerjaan yang berbeda, tidak seperti kerja di perusahaan karena harus betul memahami kontruksi hukum dalam hal advice atau pendapat hukum kepada klien, agar bisa maksimal, baik dalam membuat laporan polisi atau mendaftarkan gugatan di pengadilan,” ucapnya.

Profesi advokat, lanjut Frihardo, merupakan profesi yang bergengsi sekaligus menantang untuk dijalani. Sebab menjadi seorang advokat membutuhkan sebuah usaha besar dalam hal komitmen waktu dan investasi finansial.

Bagi Frihardo, memilih untuk menjadi seorang advokat sangat penting untuk disadari bahwa tidak ada kata cukup dalam belajar serta harus berani. Advokat juga harus bertanggung jawab serta menghargai rekan seprofesi dalam hal menjalankan tugas berdasarkan surat kuasa yang didalamnya ada honorium advokat, retensi, subsitusi.

“Artinya, dilarang keras merebut klien sebelum klien itu menyelesaikan hak dan kewajiban terhadap advokat awal, agar tidak ada kriminalisasi terhadap rekan advokat tersebut terutama dalam hal retensi, baik berupa uang juga benda,” ujarnya.

Atas dasar itu, Frihardo berharap agar ke depannya bisa menjalankan profesi advokat sesuai dengan kode etik yang ada. Selain itu, ia juga berharap dapat membantu masyarakat yang memang membutuhkan bantuan hukum.

“Harapan ke depan, semoga saya bisa banyak membantu orang yang sedang bermasalah dalam bidang hukum serta melayani dan bisa memberikan kontribusi yang positif di Law Firm Togar Situmorang,” pungkas Frihardo. (KI-33)

Check Also

Ipung Sayangkan Pernyataan Kapolres Buleleng yang Sebut Kasus Persetubuhan Anak karena Suka Sama Suka

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Kasus persetubuhan yang menimpa anak perempuan berusia 12 tahun di Buleleng telah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *