Home / Peristiwa / Nasional / Imigrasi Denpasar Deportasi WNA Asal Libya
WNA asal Libya yang dideportasi. (istimewa)

Imigrasi Denpasar Deportasi WNA Asal Libya

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Rumah Detensi Imigrasi Denpasar kembali melakukan pendeportasian terhadap warga negara asing (WNA) asal Libya, berinisial WNRA, Kamis 28 Oktober 2021.

“Yang bersangkutan dideportasi Pukul 21.00 WIB melalui Gate 6 Teriminal 3 Bandara International Soekarno Hatta dengan mengunakan maskapai Turkish Airlines (TK 057) dengan rute Jakarta (CGK) – Istanbul (IST) – Libya (MTI),” jelas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bali Jamaruli Manihuruk, melalui keterangan resminya di Denpasar, Jumat 29 Oktober 2021.

Dikatakan, pemberian tindakan administrasi keimigrasi berupa deportasi dilakukan karena yang bersangkutan telah melanggar Pasal 75 Undang –Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian jo Pasal 351 KUHP.

“WNA yang telah dideportasi diusulkan untuk dimasukkan ke dalam daftar penangkalan ke Direktorat Jenderal Imigrasi,” ujarnya.

WNA tersebut dikawal dari Rumah Detensi Imigrasi Denpasar menuju  Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, dan selanjutnya diterbangkan dari Bali ke Jakarta dengan pesawat Batik Air Pukul 15.30 Wita. Selanjutnya dari Bandara Internasional Soekarno Hatta diberangkatkan langsung mengunakan maskapai Turkish Airlines.

WNA asal Libya ini sebelumnya datang ke Indonesia pada 15 Januari 2020 dengan bebas visa on arrival (VOA). yang bersangkutan sempat menjalani masa penahanan di Lapas Kelas II A Kerobokan selama 5 bulan 8 hari karena melanggar Pasal 351 ayat 1 KUHP (Penganiayaan).

Setelah menjalani masa tahanan, yang bersangkutan diserahkan oleh pihak Lapas Kelas II Kerobokan kepada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai untuk dilakukan pemeriksaan dan pemberian tindakan administrasi keimigrasian berupa pendetensian.

Selanjutnya diserahterimakan dengan Rumah Detensi Imigrasi Denpasar pada tanggal 25 agustus 2021 untuk proses tindakan administrasi keimigrasian berupa pengusiran/ deportasi. (KI-01)

Check Also

Laksmi Shari dari Bali Terpilih Sebagai Puteri Indonesia 2022

KitaIndonesia.Com – Laksmi Shari De Neefe Suardana terpilih sebagai Puteri Indonesia 2022 setelah menyisihkan puluhan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *