Home / Peristiwa / Nasional / Idulfitri dan Kenaikan Isa Almasih Dirayakan Bersamaan, Momen Langka 200 Tahun Sekali
Presiden Jokowi dan Ibu Negara melaksanakan Salat Idulfitri 1442 H di kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Kamis pagi. (istimewa)

Idulfitri dan Kenaikan Isa Almasih Dirayakan Bersamaan, Momen Langka 200 Tahun Sekali

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Hari Raya Idulfitri 1442 H dan peringatan Kenaikan Isa Almasih 2020, dirayakan bersamaan pada tanggal 13 Mei 2020. Ini merupakan fenomena yang sangat jarang terjadi.

Dikutip dari kanal YouTube Kompas TV, Hari Raya Idulfitri dan peringatan Kenaikan Isa Almasih yang dirayakan bersamaan terjadi sekali dalam 200 tahun bahkan lebih.

Terakhir, Hari Raya Idulfitri bertepatan dengan peringatan Kenaikan Isa Almasih terjadi pada tahun 1727 silam, atau 294 tahun lalu. Momen langka ini baru akan terulang 227 tahun lagi atau tepatnya pada tahun 2248.

Seperti diketahui, Kenaikan Isa Almasih diperingati 41 hari setelah Jumat Agung. Sehingga Kenaikan Isa Almasih selalu jatuh tiap hari kamis.

Dalam perhitungan peringatan Kenaikan Isa Almasih, Purnama Liturgi yang dijadikan patokan. Adapun Idulfitri dalam Kalender Hijriah, dihitung dengan ilmu astronomi dan data rekor Hilal. (KI-01)

Check Also

Presiden Jokowi Rayakan Ultah Ke-60, Togar Situmorang: Pemimpin Amanah, Indonesia Pasti Cepat Pulih

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merayakan ulang tahun yang ke-60, Senin 21 Juni …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *