Home / Peristiwa / Nasional / Hentikan Penyebaran Virus Corona, PSR Dukung Wacana Lockdown
Anggota Komisi VI DPR RI, Putu Supadma Rudana, saat membagikan masker secara gratis kepada wisatawan dan pekerja pariwisata di Pantai Sanur, Denpasar. (istimewa)

Hentikan Penyebaran Virus Corona, PSR Dukung Wacana Lockdown

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Penyebaran virus corona jenis baru (Covid-19) terus meluas. Korban berjatuhan di berbagai negara, meski sebagian lagi berhasil disembuhkan.

Kondisi ini tentu semakin mengkhawatirkan. Apalagi Badan Intelijen Negara (BIN) memprediksi Covid-19 bisa menginfeksi hampir 4 ribu orang per hari, terutama saat mendekati masa puncak penyebaran pada bulan Mei mendatang.

Mencermati kondisi tersebut, anggota Fraksi Demokrat DPR RI, Putu Supadma Rudana (PSR) mendukung adanya wacana lockdown atau menyetop sementara kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali. Politikus Partai Demokrat asal Bali itu berargumen, kunjungan wisman memiliki pengaruh dan risiko besar penularan virus corona ke masyarakat.

“Kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali tentu akan berpengaruh pada cepatnya penyebaran virus corona di Bali. Ini sangat membahayakan bagi masyarakat, dan kita tidak boleh anggap remeh pandemi Covid-19 ini,” kata PSR, saat dikonfirmasi melalui saluran telepon, di Denpasar, Sabtu (14/3/2020).

“Lebih baik pemerintah pusat dan Pemprov Bali segera me-lockdown untuk menghadapi wabah ini,” imbuh PSR, yang juga Wakil Sekjend DPP Partai Demokrat ini.

Wakil rakyat di Senayan dua periode ini bahkan memuji sikap beberapa negara seperti Italia, Irlandia, Denmark, Filipina dan Tiongkok, yang melakukan hal tersebut sebagai bagian dari mengamankan negaranya dari ancaman virus corona. Hal ini semestinya juga dilakukan Indonesia.

“Negara-negara lain telah mengambil sikap yang cepat dan tanggap untuk me-lockdown negaranya, guna mengamankan warganya agar tidak tertular virus corona. Jadi, kita harus menutup sementara kedatangan wisatawan asing dari jalur darat, udara maupun laut hingga kondisi semakin membaik. Apa yang disampaikan oleh BIN tentu saja serius sekali, pemerintah Bali harus berani untuk kesehatan dan keselamatan masyarakat Bali,” tandasnya.

PSR juga meminta pemerintah Indonesia dan pemerintah daerah di Bali khususnya, agar tidak gagap dalam melakukan pencegahan virus tersebut. Pemerintah harus meyakinkan masyarakat untuk tenang dan tidak panik.

Ia juga berharap agar pemerintah menyiapkan ketersediaan kebutuhan pokok, obat-obatan, masker hingga informasi. Beberapa kegiatan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan.

“Saya sudah mengingatkan di sidang paripurna pada 6 Februari 2020 agar segera dilakukan penanganan dan mitigasi yang menyeluruh dengan melakukan tindakan proaktif di mana – mana, serta melakukan pembatasan di pintu-pintu masuk negara kita, karena ini darurat. Namun pemerintah kita terlambat, virus corona sudah terlanjur menyebar,” ucapnya.

“Saran saya, aktivitas selama sebulan ini yang diperbolehkan hanya aktivitas bekerja, dan aktivitas mendasar lainnya seperti belanja kebutuhan sehari-hari atau kepentingan menyangkut kesehatan. Selanjutnya, kegiatan pendidikan dihentikan, gedung sekolah termasuk universitas semuanya ditutup, kegiatan belajar dilakukan dari rumah melalui aplikasi media sosial yang ada,” imbuh PSR.

Penghentian sementara juga berlaku untuk kegiatan olahraga yang dijadwalkan diselenggarakan. Demikian halnya penutupan kawasan wisata, operasionalisasi transportasi publik, masih tetap berjalan namun jumlahnya dikurangi.

“Pemerintah pusat dan Pemprov Bali jangan hanya mementingkan sektor ekonomi tapi mengabaikan kesehatan dan keselamatan warga, ini kegentingan yang memaksa,” tegas PSR, yang juga wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen DPR RI ini.

Ia pun menghimbau agar masyarakat senantiasa meningkatkan kewaspadaan, menjaga kebersihan dan kesehatan. Masyarakat wajib mencuci tangan dan menggunakan masker jika sedang batuk atau pilek.

“Selain itu, sebisa mungkin menghindari kontak dengan orang yang sedang mengalami demam dan batuk. Dan yang terakhir, mari kita bersatu untuk melawan wabah yang terjadi saat ini. Semoga Tuhan Yang Maha Esa beserta kita. Harapan Rakyat, Perjuangan Demokrat!” pungkas PSR. (KI4)

Check Also

Togar Situmorang Dukung Keputusan Presiden Jokowi Tunjuk Prabowo Sebagai Kapolri

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *