Home / Peristiwa / Heboh Pernyataan Agnes Mo, Togar Situmorang: Tak Perlu Dibesar-besarkan
Advokat senior sekaligus pengamat kebijakan publik, Togar Situmorang. (istimewa)

Heboh Pernyataan Agnes Mo, Togar Situmorang: Tak Perlu Dibesar-besarkan

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Beberapa hari belakangan publik dihebohkan dengan pernyataan penyanyi Agnes Mo, soal dirinya yang tidak memiliki darah Indonesia. Penyanyi berusia 33 tahun yang berkarier di Amerika Serikat itu, mengaku memiliki darah Jerman, Jepang, dan China.Penggalan kalimat Agnes Mo yang beredar luas di media sosial itu, menuai polemik hebat. Bahkan ada mencaci maki penyanyi berbakat yang telah go internasional itu.

Di sisi lain, tidak sedikit pula yang membela Agnes Mo. Bagi mereka, ada pihak – pihak tertentu yang salah menerjemahkan maksud pernyataan ada. Ada pula yang menilai bahwa pernyataan Agnes Mo sengaja dipenggal – penggal, dan bahkan digiring seolah – olah penyanyi dengan suara tinggi itu anti Indonesia.

Hal ini pun mendapat perhatian khusus dari pengamat kebijakan publik Togar Situmorang, SH, MH, MAP. Ia meminta semua pihak, untuk tidak dibesar-besarkan pernyataan Agnes Mo tersebut. Sebab apa yang dikatakan, tidak ada yang salah.

Agnes Mo memang tidak berdarah Indonesia. Ia hanya saja lahir di Indonesia (keturunan). Seharusnya Indonesia bangga, karena ada seorang wanita muda (keturunan) millenial yang mempunyai prestasi di pentas international dan selalu membawa harum nama Indonesia, khususnya di blantika musik dunia.

“Dapat juga kita lihat aturan hukum, bahwa penduduk di Indonesia baik WNI atau WNA yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah, dan memiliki izin tinggal tetap, wajib memiliki KTP elektronik. Jadi, jika Agnes Mo memiliki e-KTP Indonesia, artinya Agnes Mo termasuk warga negara Indonesia,” tutur Togar Situmorang, di Denpasar, Kamis (28/11/2019).

Advokat senior penerima penghargaan Indonesia Most Leading Award 2019 dan terpilih sebagai The Most Leading Lawyer In Satisfactory Performance Of The Year ini menjelaskan, penerbitan e-KTP untuk WNI dan WNA merupakan perintah undang-undang. Ketentuan itu tercantum dalam Pasal 63 UU Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan.

“Pasal 63 ayat (1) UU Administrasi Kependudukan menyebutkan, bahwa ‘Penduduk warga negara Indonesia dan orang asing yang memiliki izin tinggal tetap yang telah berumur 17 (tujuh belas) tahun atau telah kawin atau pernah kawin, wajib memiliki e-KTP’,” urai Togar Situmorang, yang juga Dewan Pakar Forum Bela Negara Provinsi Bali itu.

“Jika Agnes Mo memiliki KTP berstatus warga negara Indonesia dan dalam berpergian ke luar negeri menggunakan paspport yang dikeluarkan instansi pemerintah Indonesia dan tercantum berstatus warga negara Indonesia, apa lagi yang perlu didebatkan? Ingat sekali lagi, Agnes Mo membawa nama Indonesia ke mancanegara. Ia pun juga mengakui bahwa negara Indonesia banyak memiliki ragam budaya. Jadi, tidak ada yang perlu dipermasalahkan,” tegas Togar Situmorang, yang juga Ketua Pengcab POSSI Kota Denpasar.

Advokat yang dijuluki Panglima Hukum dan masuk daftar 100 Advokat Hebat versi Majalah Property&Bank ini lalu berpesan kepada masyarakat, agar apapun berita dari kalangan artis, pejabat atau masyarakat biasa, agar budayakan membaca secara utuh. Ini penting, agar tidak salah paham.

“Jika baca setengah – setengah, bisa salah paham. Akhirnya akan menimbulkan pro dan kontra, jikalau salah mengartikan,” ajak Togar Situmorang, yang juga Ketua Komite Hukum RS dr Moedjito Dwidjosiswojo Jombang, Jawa Timur.

”Semoga permasalahan tentang Agnes Mo ini tidak dibesar-besarkan dan diperpanjang, karena bagi saya tidak ada yang harus dipermasalahkan,” pungkas Managing Partner Law Office Togar Situmorang & Associates yang beralamat di Jalan Tukad Citarum Nomor 5A Renon, Denpasar dan Jalan Gatot Subroto Timur Nomor 22 Kesiman, Denpasar ini. (KI4)

Check Also

Diabadikan Jadi Nama Jalan di Abu Dhabi, Togar Situmorang: Bukti Dunia Kagumi Jokowi

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) diabadikan menjadi nama jalan di Abu Dhabi, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *