Home / Nusantara / Harkitnas, Togar Situmorang: Rekatkan Nilai Kekeluargaan, Indonesia Kuat Hadapi Tantangan
Pengamat kebijakan publik yang juga advokat senior, Togar Situmorang, SH, MH, MAP. (istimewa)

Harkitnas, Togar Situmorang: Rekatkan Nilai Kekeluargaan, Indonesia Kuat Hadapi Tantangan

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) setiap tanggal 20 Mei. Untuk peringatan Harkitnas 2020, bangsa Indonesia sedang menghadapi ujian besar berupa pandemi Covid-19.

“Makna Hari Kebangsaan Nasional adalah hari di mana rasa dan semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme serta kesadaran bangkit untuk memperjuangkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang dulunya tidak pernah muncul,” kata pengamat kebijakan publik, Togar Situmorang, SH, MH, MAP, di Denpasar, Rabu (20/5/2020).

“Melihat kondisi saat ini, di mana bangsa sedang diguncang wabah virus corona, berbagai permasalahanpun muncul baik di bidang ekonomi, politik maupun sosial budaya. Kondisi ini tentu sangat baik dalam memaknai Hari Kebangkitan Nasional untuk bergandengan tangan dalam menghadapi pandemi Covid-19,” imbuh advokat senior ini.

Togar Situmorang yang juga Ketua Pengurus Kota Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (Pengkot POSSI) Kota Denpasar ini menambahkan, dengan semangat Hari Kebangkitan Nasional maka seluruh masyarakat Indonesia bisa merefleksikan bagaimana menerapkan dan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di segala bidang, termasuk dalam urusan kesejahteraan sosial.

“Kebangkitan nasional juga untuk mengenang kembali bagaimana semangat perjuangan bangsa Indonesia tempo dahulu untuk mengisi kemerdekaan dengan berbagai kegiatan pembangunan,” tutur Togar Situmorang yang dijuluki Panglima Hukum itu.

Seiring berjalannya waktu, bangsa Indonesia bisa bertahan dalam keadaan sulit, termasuk di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Istilah “new normal” pun muncul di Indonesia setelah¬†Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan masyarakat harus bisa berkompromi, hidup berdampingan, dan berdamai di tengah pandemi Covid-19 agar tetap produktif.

“Karena itu, Hari Kebangkitan Nasional harus mampu merekatkan kembali nilai-nilai kekeluargaan untuk saling tolong menolong. Kita harus bersama-sama bergotong royong, merekatkan kembali nilai-nilai kekeluargaan, menjalin kerja sama, saling menolong dan bersatu padu bangkit di tengah pandemi Covid-19 yang meresahkan kita semua,” ajak advokat kawakan yang masuk daftar 100 Advokat Hebat versi Majalah Property&Bank 2019 itu.

Ia mengingatkan, virus corona tidak mengenal suku, agama, hingga status kaya dan miskin seseorang. Karena itu, semua pihak harus mampu tolong menolong guna bisa menghadapi musibah ini.

“Kebersamaan sebagai bangsa harus kita tetap tanamkan sebagai pondasi utama agar kita bisa bangkit kembali karena dampak Covid-19. Dengan semangat kebangkitan nasional, kita akan semakin kuat untuk menghadapi tantangan yang lebih berat bangsa di kemudian hari. Dan kami dari Law Firm Togar Situmorang mengucapkan Selamat Hari Kebangkitan Nasional,” pungkas Founder dan CEO Firma Hukum di Law Firm Togar Situmorang yang beralamat di Jalan Tukad Citarum Nomor 5A Renon, Denpasar (kantor pusat), Jalan Gatot Subroto Timur Nomor 22 Kesiman, Denpasar (kantor cabang Denpasar) dan Gedung Piccadilly Room 1003-1004 Jalan Kemang Selatan Raya, Jakarta Selatan (kantor cabang Jakarta) ini. (KI4)

Check Also

Loccal Collection Berbagi Kasih dengan Anak-anak Panti Asuhan di Labuan Bajo

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Loccal Collection Hotel Labuan Bajo menunjukkan kepeduliannya kepada sesama, dengan berbagi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *