Home / Nusantara / Hari Raya Iduladha, Togar Situmorang Berharap Umat Ikuti Arahan Pemerintah
Pengamat kebijakan publik yang juga advokat senior, Togar Situmorang, SH, MH, MAP. (istimewa)

Hari Raya Iduladha, Togar Situmorang Berharap Umat Ikuti Arahan Pemerintah

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Hari Raya Iduladha 1441 H jatuh pada tanggal 31 Juli 2020. Hari Raya Kurban tahun ini sedikit berbeda dari biasanya, karena dirayakan di tengah dunia masih berjuang melawan pandemi Covid-19.

Sebagaimana perayaan hari besar keagamaan lainnya, termasuk Hari Raya Idulfitri Mei lalu, umat Islam diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus corona.

“Jadi dalam perayaan Iduladha tahun ini, kita tetap harus tertib dan mengikuti protokol kesehatan. Sebab kita tidak boleh lengah sedikitpun dan memberikan celah untuk terjadinya penyebaran virus corona ini,” ajak pengamat kebijakan publik Togar Situmorang, SH, MH, MAP, di Denpasar, Kamis (30/7/2020).

Menurut dia, perayaan Iduladha kali ini tentu jauh berbeda dari biasanya. Seperti terkait pelaksanaan Shalat Id. Demikian halnya terkait hewan kurban. Hal ini bahkan sudah diarahkan pemerintah melalui Surat Edaran Kementerian Agama Nomor 18 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Shalat Iduladha dan Penyambelihan Hewan Kurban Tahun 1441 Hijriah Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19.

“Kita harus tetap mengikuti himbauan pemerintah, yang pada prinsipnya Shalat Id sudah dapat dilakukan di lapangan atau masjid, kecuali tempat tertentu atau daerah yang tidak diperbolehkan oleh pemerintah daerah atau gugus tugas Covid-9 setempat karena alasan tidak aman Covid-19. Mari kita tetap mawas diri,” kata Togar Situmorang, yang juga advokat senior ini.

BACA JUGA:   Hasil Rapid Test di Mabar, Sekda: 13 Orang Reaktif Virus, Belum Tentu Positif Covid-19

Ia menambahkan, Iduladha juga merupakan momentum bagi setiap umat Muslim untuk berbagi pada sesama. Selain itu, Iduladha juga momentum untuk mendekatkan diri kepada keluarga, saudara, dan kerabat lainnya.

“Karena itu, pada saat Hari Raya Iduladha tiba, saat kumpul bersama keluarga dan mengunjungi sanak saudara dalam rangka menjaga silaturahmi, kita harus tetap disiplin dalam tiga hal, yakni disiplin menjaga jarak, pakai masker dan mencuci tangan,” tutur Ketua Hukum RS dr Moedjito Dwidjosiswojo Jombang, Jawa Timur ini.

Togar Situmorang tak lupa mengucapkan selamat Hari Raya Iduladha kepada seluruh umat yang merayakan.

“Nada takbir menggema sudah dikumandangkan, sinyal Iduladha sudah datang. Ampunan serta barokah mudah-mudahan kita peroleh. Hidup adalah timbal balik, apa yang kamu berikan akan kembali, apa yang kamu tanam akan tumbuh dan apa yang kamu korbankan akan berbuah pahala. Kami keluarga besar Law Firm Togar Situmorang mengucapkan ‘Selamat Berkurban dan Selamat Merayakan Hari Raya Iduladha 1441 Hijriah serta tidak lupa mohon maaf lahir dan batin,” pungkas Founder dan CEO Firma Hukum di Law Firm Togar Situmorang yang beralamat di Jalan Tukad Citarum Nomor 5A Renon, Denpasar (pusat), dan Cabang Denpasar di Jalan Gatot Subroto Timur Nomor 22 Kesiman, Denpasar serta Cabang Jakarta di Gedung Piccadilly Room 1003-1004, Jalan Kemang Selatan Raya Nomor 99, Jakarta Selatan, ini. (KI-01)

Check Also

Warga Gorontalo Tutup Akses Jalan Simpang Pede

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Warga Desa Gorontalo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *